business-forum

coaches

Sabtu, 21 Februari 2015

INI DIA SALAH KAPRAH YANG BISA HANCURKAN BISNIS KELUARGA

Sebuah penelitian mengungkap, dari keseluruhan perusahaan yang dimiliki keluarga, sebesar 95% gagal melewati tiga generasi. Itu kenapa sampai muncul idiom: “generasi pertama yang mendirikan, generasi kedua yang membangun, dan generasi ketiga yang merusak”.
Pernyataan ini seolah bilang, generasi penerus dalam bisnis keluarga sangat sulit untuk mengulang kejayaan atau kesuksesan generasi sebelumnya. Benarkah seperti itu? Lalu apa saja suka duka meneruskan bisnis keluarga? Kesalahan apa yang sering dibuat, sehingga bisnis keluarga sulit bertahan sampai beberapa generasi?
BARACoaching Surabaya (ActionCOACH East Java-Bali) mengulas semua problem ini dalam seminar bertajuk “Salah Kaprah dalam Pengelolaan Bisnis Keluarga”, Sabtu (07/02/15) dan “Suka Duka Meneruskan Bisnis Keluarga”, Kamis (12/02/15) lalu.
Seminar yang ditujukan khusus para pemilik bisnis ini salah satunya membicarakan tentang problem utama yang sering terjadi dalam menjalankan bisnis keluarga. Tidak jarang kemudian bisnis keluarga sulit berkembang, bahkan menjadi pemicu keretakan dalam rumah tangga.
Coach Humphrey Rusli, selaku pembicara seminar bertutur, selama ini banyak pengusaha dalam bisnis keluarga yang banyak melakukan kesalahan, yang mereka anggap benar atau memang sudah seharusnya begitu. Istilahnya salah kaprah. Salah kaprah yang umumnya terjadi, pertama berhubungan dengan status.
“Semua anggota keluarga apakah paham bahwa mereka dilibatkan bukan untuk membangun karir, tapi untuk membangun aset, sesuatu yang bisa diwariskan,” tutur Coach Humphrey.
Banyak pebisnis keluarga beranggapan, terlepas dari mumpuni atau tidak, anak atau anggota keluarga memang harus diberi jabatan tinggi, harus diberi kekuasaan lebih. Padahal, yang seharusnya diwariskan bukan jabatannya, namun aset perusahaan. Jadi tidak masalah meskipun mereka memulai dari jabatan rendah sekalipun.
Salah kaprah kedua adalah berhubungan dengan fungsi. Sebagian besar perusahaan keluarga masih belum bisa membedakan fungsi antara seorang manager dan leader.
“Selama ini, kebanyakan perusahaan keluarga masih mencampur adukkan fungsi manager dan leader. Padahal, tugas keduanya benar-benar berbeda. Seorang leader diantaranya bertugas menetapkan visi-misi perusahaan, memotivasi dan menginspirasi bawahannya. Sedangkan manager bertugas untuk memimpin organisasi, serta mengontrol dan memecahkan masalah yang terjadi pada perusahaan,” papar COO BARACoaching Surabaya ini.
 Lebih lanjut, pelatih bisnis dunia yang berkali-kali memenangkan ajang ‘coach’ bergengsi ini menambahkan, calon penerus sebaiknya dipersiapkan dengan jadi seorang manager terlebih dulu sebelum diarahkan jadi leader.
Salah kaprah lain yang ditengarai sebagai penghambat bisnis keluarga adalah poin competency or descendant. Reward seharusnya diberikan berdasarkan kompetensi dalam menjalankan pekerjaan. Namun, yang terjadi sebaliknya. Kompetensi tidak lagi dianggap sebagai parameter. Pemberian reward dalam family business seringkali diberikan karena pertimbangan ‘dia’ sebagai keturunan kita.
Seminar yang diadakan di Office BARACoaching ini, selain teori, juga lebih banyak diisi dengan diskusi aktif coach Humphrey dan peserta.
“Kami berharap, setelah pulang dari acara ini, para peserta mengerti bahasan mana yang krusial untuk dibicarakan dengan anggota keluarga terkait permasalahan bisnis keluarga. Selain itu juga paham perbedaan dari masing-masing pokok pikiran, mana yang benar membangun aset, atau hanya membangun karir,” jelas coach Humphrey di akhir acara.


Kamis, 12 Februari 2015

4 HAL AGAR KARYAWAN ANDA BETAH DAN JADI ASET PERUSAHAAN - Coach Humphrey Rusli

Banyak pengusaha mengeluhkan, anak muda jaman sekarang tidak sama dengan jaman dahulu. Kalau dulu nggak perhitungan, sekarang sedikit-sedikit minta diberi kompensasi. Kalau dulu takut dan hormat sepenuhnya pada atasan, sekarang berani membantah dan sulit diatur, bahkan sering yang sok pintar tapi nggak bisa bekerja.
Belum lagi soal ketahanan mental, orang dulu sudah biasa ditekan dan menjalani semuanya dengan ulet. Anak jaman sekarang tidak tahan tekanan, dimarahin sedikit saja sudah sakit hati, dan tidak mau bekerja lagi.
Saya kira list perbedaannya akan sangat panjang kalau kita teruskan. Lalu bagaimana kita menyikapinya? Apakah generasi sekarang (Y) tidak bisa dijadikan aset yang bisa diandalkan untuk perusahaan anda? Jawabnya: Tentu bisa, hanya anda perlu paham 4 hal utama yang menjadi kebutuhan generasi ini.
1.  Surrounding
Generasi ini membutuhkan penerimaan kelompok atau "group acceptance". Buat dia, akan lebih betah bekerja, jika bukan hanya perusahaan itu yang menerimanya, tapi juga kelompok baru (teman-teman baru) di dalamnya, dimana dia akan bekerja bersama-sama.
Gunakan gruop interview untuk memperkuat hal ini. Pertemukan SDM yang akan anda rekrut dengan calon teman-teman sejawatnya, dan minta pendapat anak buah anda untuk menilai secara obyektif apakah SDM yang akan direkrut ini akan "fit in" ke dalam kelompok ini atau tidak.
2.  Acknowledgment
Generasi ini juga menghargai pengakuan yang bersifat pribadi atau perseorangan dari atasannya langsung. Sekedar memberikan applaus bila dia mencapai target atau memberikan email dengan maksud memuji performanya secara pribadi adalah sangat diharapkan dan akan memotivasinya untuk lebih berkarya lagi.
3. Information
Ini adalah ‘mata uang’ jaman generasi sekarang. Memberitahukan informasi secara terbuka tentang rencana perusahaan anda mau dibawa kemana, akan membuat mereka merasa ‘terlibat’.
Informasi ini juga bisa diperlakukan sebagai reward buat jenjang-jenjang tertentu. Misalkan untuk manager, maka ada informasi lebih detail tentang arah rencana perusahaan yang hanya manager yang boleh tahu, sedang staf biasa belum perlu tahu.
4. Security
Keamanan masa depan sangat dibutuhkan oleh mereka. Jenjang karir dan kesolidan finansial perusahaan membuat mereka merasa tenang dan dapat secara ‘rela’ dipacu keras oleh perusahaan tersebut. Sebaliknya, perusahaan yang tidak menyediakan jenjang karir yang jelas akan dianggap perusahaan kurang berkelas dan sering hanya akan dijadikan batu pijakan sementara saja sampai mereka menemukan perusahaan yang lebih menjanjikan.

Semoga artikel ini bisa membantu anda menciptakan tim yang super!

Salam the Next Level!

Senin, 09 Februari 2015

BAPAK SUKA LAGU APA? - By: Coach Suwito

Satu hari saya mampir ke sebuah toko CD untuk melengkapi koleksi disk musik saya.
“Bapak suka lagu apa? Tanya si pegawai toko.
“Ehm...yang rancak,” jawab saya datar.
“Mari, Pak, di sebelah sini. Dua deret ini iramanya rancak. Kalau Bapak suka yang instrumen, ada di rak yang itu. Kalau Bapak suka yang bahasa inggris, ada di sebelah sana,” demikian si pegawai toko ‘nyrocos’ dengan lancarnya.
Diam-diam saya mulai mengamati tempat ini. Tatanannya apik, teratur. Si pegawai juga aktif dan pintar menjual. Tapi sayangnya toko ini sepi pengunjung. Kenapa ya?
Yang pertama saya amati tentu saja LOKASI. Dan ternyata lokasi toko ini tidak jelek, karena bersebelahan dengan ATM centre dan cukup banyak orang yang lalu lalang mengunjungi ATM centre itu.
Lokasi sudah cukup oke. Lalu, perhatian saya tertarik ke interior-eksteriornya yang terkesan biasa-biasa saja. Saya jadi teringat dengan prinsip AIDA. AIDA merupakan prinsip pemasaran, dimana konsumen dibuat untuk tertarik lebih dulu (Attract), lalu membangkitkan keinginan atau minat mereka (Interest), menimbulkan keinginan untuk membeli atau memakai produk/ jasa kita (Desire), sebelum akhirnya benar-benar melakukan transaksi dengan Anda (Action). Tampaknya toko ini perlu sentuhan AIDA.
Mungkin interior-nya perlu sedikit diubah. Selain diisi dengan deretan rak dan CD, pemilik toko bisa menambahkan sofa atau tempat duduk yang didesain sedemikian rupa, agar pengunjung sedikit lebih lama berada di situ. Mendengarkan musik dengan lebih santai dan nyaman. Melihat film terbaru berikut sinopsisnya dari layar video yang anda sediakan di sekitar area duduk.
Bukan hanya itu, fasilitas seperti wifi juga perlu. Pengunjung bisa dengan mudah browsing tentang informasi film dan musik favorit juga terbaru. Sediakan juga satu unit komputer untuk informasi, CD apa saja yang disediakan.
Sekarang mari beralih pada eksterior toko. Saya belum melihat ada poster atau papan iklan di luar toko. Sayang sekali, bukankah desain poster atau iklan eksterior yang eye catching bisa jadi senjata Attrack dalam prinsip AIDA, untuk ‘memaksa’ calon pengunjung masuk?
Bicara konsep menarik, bukan hanya tentang desain tempat saja. Selain tempat, ada banyak poin bisa ditambahkan untuk menarik perhatian pengunjung atau konsumen. Salah satunya, dengan keanggotaan (membership). Secara tidak langsung, membership adalah sebuah bentuk pengakuan diri konsumen, bahwa mereka merupakan bagian dari sebuah komunitas (baca: bisnis anda).
Dengan bersedianya mereka menjadi anggota, bisa diartikan mereka mulai percaya dengan kita. So, berikan keuntungan dan manfaat lebih melalui membership, agar mereka bukan saja percaya, tapi kemudian loyal terhadap kita.
Nah, bagaimana dengan Anda? Setelah membaca cerita di atas, sudahkah terbersit prinsip AIDA yang bisa ‘disentuhkan’ dalam bisnis Anda?
Have a Nice Monday...and... Salam The NEXT Level!

Kamis, 05 Februari 2015

LAYANAN RAMAH, ANTUSIAS, DAN TULUS - By: Coach Suwito

Pernahkah Anda berbelanja di pedagang kaki lima? Saya pernah.
Ada 'kenikmatan' tersendiri ketika kita belanja di kaki lima, antara lain: pilihannya banyak dan bisa menawar sesuka hati. Kadang, kita beruntung karena mendapat layanan yang ramah, seperti pengalaman saya berikut ini.
Pagi itu, saya kebetulan punya waktu lowong dan di depan hotel ada beberapa pedagang yang menggelar dagangannya. Ehm...lumayan buat beli oleh-oleh. Nggak perlu jauh-jauh ke toko souvenir.
Saya memperhatikan istri saya yang sibuk memilih. Dengan ramahnya si penjual menuruti permintaan istri saya. Dia minta warna yang cerah dan ukuran lebih kecil (untuk cucu kami). Si penjual pun bergegas mengambil koleksi yang ada di temannya, sesama pedagang. Ini terjadi beberapa kali, dan si penjual mondar mandir memenuhi permintaan istri saya. Singkat kata, akhirnya istri saya membayar belajaannya.
Petangnya kami singgah di sebuah toko souvenir terkenal di kota itu. Dan barang-barang serupa juga ada disitu, tentu dengan harga yang lebih mahal. Tapi, yang mengecewakan adalah layanannya tidak ramah. Si penjual kaki lima jauh lebih ramah, mau melayani dengan antusias dan tulus.
Tentu saja, di toko seperti ini harga tak bisa ditawar dan lebih mahal. Karena toko ini berpendingin/AC, punya lahan parkir, punya tempat bermain untuk anak-anak dan juga ada sebuah cafe (buat nongkrong sejenak setelah penat berbelanja).
Sebelum meninggalkan toko, saya pun menyempatkan diri menuliskan pesan/feedback yang intinya: “Pemilik Toko yang terhormat, Anda berpeluang untuk lebih maju dan sukses, dengan cara meningkatkan keramahan, antusiasme dan ketulusan karyawan Anda”.
Anda, pembaca Biz-tips, juga berpeluang mendapat feedback tentang bisnis Anda dari para Coach Baracoaching.


Rabu, 04 Februari 2015

Training TM OKE - 20 DETIK PERTAMA UNTUK 15 MENIT KE DEPAN

Dalam dunia bisnis, seorang telemarketer merupakan bagian dari ‘jantung’ yang ‘memompa’ kemajuan usaha. Itu sebabnya, diperlukan skill yang mumpuni untuk melakukan pemasaran lewat telepon. Beberapa yang harus dikuasai adalah teknik melakukan negosiasi dan bagaimana closing penjualan.
Hal itu dikupas dalam training bertajuk “Telemarketing OKE”, Sabtu (31/01/15) lalu. Training yang diadakan oleh ActionCOACH BARACoaching Surabaya ini diberikan pada tim sales pusat (Surabaya) dan cabang Malang PT. Arofah Mina. Di awal acara, Erfina Hakim, selaku pembicara bertutur tentang tujuan training itu.
“Kita berharap setelah mengikuti pelatihan ini, peserta bisa menguasai 4 hal penting dalam telemarketing. Empat poin itu adalah menutup closing penjualan by phone, lalu melakukan negosiasi lebih baik, mendapatkan appointment penting, dan terakhir memudahkan penagihan pembayaran,” ungkap Erfina.
Lebih jauh, wanita yang pernah meraih predikat ‘The Best Area Manager’ wilayah Indonesia Timur ini juga memaparkan apa saja bekal seorang telemarketer sebelum menelepon. Problem kebanyakan dari seorang telemarketer adalah ketakutan sebelum menelepon prospek.
Hal ini, menurut Erfina karena mereka terbawa imajinasi buruk yang mereka ciptakan sendiri sebelum telepon.
“Belum-belum sudah mikir bakal ditolaklah, prospeknya judes, dan hal-hal negatif lainnya. Bangunlah imajinasi menyenangkan dan selalu berpikir positif. Bayangkan hal-hal lucu, bisa dengan saling bercanda dengan teman kerja sebelum menelpon. Pokoknya hindari berpikir buruk, karena ini tidak akan membangun mental Anda. Malah akan menyusutkan semangat untuk menelpon prospek,” tegas wanita yang akrab dipanggil Fina ini.
Selain itu, posisi tubuh juga harus mendukung. Siapkan tujuan dan sesuaikan skrip. Tujuan harus jelas, atur gaya bahasa (intonasi, volume, tekanan suara, kecepatan bicara) sehingga mudah dipahami, dan bersikaplah tenang.
“Hal paling penting lain yang harus dipahami, kesempatan pertama telemarketing adalah menjual suara bukan produk,” tambah Fina.
Itu sebabnya, tidak masalah bila seorang telemarketer tidak paham semua product knowledge. Yang harus diperhatikan adalah penciptaan kesan pertama di 20 detik pertama, sebagai penentu 15 menit ke depan.
Selain mendapat teori tentang telemarketing, peserta juga berbagi pengalaman dan sharing problem terkait selling by phone. Mulai perbedaan hard selling dan soft selling, sampai ‘uneg-uneg’ yang berhubungan dengan penelepon (prospek). 
Heri Wibowo, selaku pemilik PT. Arofah Mina berujar, ”Ini adalah training kedua yang diikuti tim saya. Training sebelumnya sangat membawa kemajuan, khususnya pada tim pertama. Trainingnya applicable dan hasilnya luar biasa. Setelah menjalani pelatihan Telemarketing OKE mereka (tim Arofah Mina) bisa melampaui target semua.”

HARUSKAH MEMBAYAR MAHAL UNTUK BRANDING - (Hasil FDG IV – 23 Januari ’15)

Apakah branding itu? 50% responden dari hasil penelitian yang kami lakukan terhadap para pemilik bisnis baik dari bidang jasa maupun manufacture berpendapat bahwa branding itu identik dengan nama perusahaan, nama produk/ jasa, merek dagang yang mudah diingat, bersifat unik yang membedakan produk/ jasa satu dengan yang lain. Mereka menganggap penting branding karena memiliki tujuan agar produk/ jasa kita lebih dikenal konsumen dan konsumen di Indonesia umumnya lebih melihat brand dari pada kualitas.
Branding menurut coach Ruani adalah cara mengkomunikasikan personality/ identitas kita kepada orang lain/ kepada calon konsumen dengan konsisten.Identitas menentukan kita ini siapa dibandingkan orang lain, biasanya identitas pemilik bisnis atau perintis bisnis akan melekat menjadi  identitas perusahaan. Identitas perusahaan harus dibangun sedini mungkin dan  dilakukan secara konsisten agar nantinya bukan konsumen yang menilai dan menentukan identitas kita. Tentu sah-sah saja kalau persepsi konsumen benar, bagaimana kalau tidak?
Dalam melakukan kegiatan branding pasti akan memiliki tantangan seperti bagaimana memberikan suatu kepercayaan dan kepuasan kepada konsumen, mencari ide agar branding lebih efektif dan efisien, tepat sasaran, konsisten, mengendalikan internal SDM serta mengedukasi konsumen perihal produk/ jasa yang kita kenalkan. Agar kegiatan branding kita sesuai dengan segmen dan target yang dituju maka kita perlu melakukan  4W dan 1H yaitu:
1.        Who, siapa saja orang yang menjadi calon konsumen kita
2.        Where, mencari tahu dimana konsumen itu berada/ berkumpul.
3.        What,  apa saja kelebihan dan keunikan produk kita sehingga dapat menarik minat calon konsumen untuk membeli. Apa saja yang dapat kita tawarkan kepada konsumen.
4.     Why, kenapa konsumen harus membeli produk/ jasa kita, apa keuntungan yang didapat dengan membeli/ menggunakan produk/ jasa kita.
5.     How, bagaimana kita memasarkan dan bagaimana hasil evaluasi pemasaran kita.
Banyak hal yang dilakukan oleh para pemilik bisnis untuk meningkatkan branding mereka yaitu dengan meningkatkan kualitas pelayanan, melakukan kerjasama dengan perusahaan/ instansi lain, memanfaatkan Word of Mouth (WOM) serta memasang iklan di koran, majalah, televisi, mencetak brosur dan menggunakan media online seperti website/ media sosial.
Dari hasil penelitian media online dapat dipakai secara efektif untuk meningkatkan penjualan. Hal ini terlihat dari parameter yang digunakan seperti adanya kenaikan pendapatan, adanya repeat order dan target yang tercapai.
Sebelum melakukan branding sebaiknya kita perlu mengetahui 4 hal tentang brand:
1.     Identitas brand kita harus jelas.
2.     Brand itu harus memiliki suatu nilai seperti ROI maupun nilai uangnya.
3.   Brand harus memiliki experience yang konsisten.
4. Brand itu menggambarkan tentang kita/ perusahaan.
Dan suatu brand dikatakan bagus jika:
1.    Dapat menyampaikan pesan yang dimaksud dengan jelas.
2.    Dapat menggambarkan/ mengkonfirmasi kredibilitas perusahaan seperti apa.
3. Dapat terbentuk komunikasi/ hubungan baik dengan konsumen, memberikan pengalaman yang berkesan kepada konsumen.
4. Dapat memotivasi konsumen untuk membeli produk/ jasa kita.
 Selain kegiatan branding yang gencar dilakukan kita juga harus memperhatikan dari sisi produk/ jasa yang kita jual, jangan sampai apa yang kita branding kan tidak sesuai dengan produk/ jasa yang kita jual karena dampaknya konsumen kita akan kecewa dan branding kita tidak akan bisa bertahan lama.
Dalam melakukan kegiatan branding 63% pemilik bisnis mempunyai dana yang dialokasikan khusus untuk branding sedangkan sisanya sebanyak 37% tidak memiliki dana khusus. Sebenarnya dalam melakukan kegiatan branding tidaklah harus mahal, tetapi bisa dilakukan dengan mengoptimalkan media yang harganya lebih terjangkau seperti media sosial, dimana sebagian besar pemilik bisnis berpendapat media tersebut cukup efektif dan tergolong murah.
Kemudian, dalam suatu perusahaan siapakah yang seharusnya melakukan fungsi branding? sering sekali kegiatan branding identik dengan tanggung jawab marketing, tetapi fungsi branding ini seharusnya menjadi tanggung jawab semua orang yang ada di perusahaan karena kegiatan branding merupakan bagian dari strategi bisnis dimana semua lini harus mengetahui apa yang perusahaan ingin capai.

Selasa, 03 Februari 2015

Training Tim Ando - TAKTIK SALES: ‘MEMBURU’ ATAU ‘MENANAM’?

Ternyata bagaimana cara kita ‘berjualan’ juga dipengaruhi oleh kondisi pasar atau permintaan konsumen. Itu sebabnya muncul istilah hunter dan farmer dalam sistem penjualan (sales).
Hal ini disampaikan Coach Suwito Sumargo, selaku pembicara dalam training internal yang diadakan oleh PT. Halimjaya Sakti, Selasa (27/01/15) lalu. Pelatihan yang dihadiri oleh kurang lebih 70 peserta, dari tim sales dan marketing juga jajaran manajerial produsen sandal-sepatu merek “Ando” ini, bertajuk “Sales Made Simple”.
Dalam dunia sales dikenal teknik hunter dan farmer. Para sales yang menggunakan teknik hunter biasanya mereka yang bisa langsung mengenali ‘mangsa’. Lebih tajam dan cepat dalam menjual. Berbeda dengan teknik farmer, yang lebih slow dan tidak langsung menuju sasaran (pelanggan).
Baik teknik hunter maupun farmer bisa digunakan dalam menjual. Seorang sales tidak melulu harus langsung me’nembak’kan jualannya pada pelanggan. Ada kalanya dia harus bergerak lebih ‘slow’, dengan melakukan pengenalan dan pendekatan kepada calon pelanggannya terlebih dulu.
Which technique you choose? Semua itu melihat daerahnya, bagaimana kondisi pasar dan permintaan konsumennya,” ungkap coach Suwito.
Selain teknik sales, pembicara asli Surabaya ini juga mengupas tentang bekal apa saja yang harus dimiliki untuk menjadi seorang ‘penjual’ yang sukses. Bekal ini datang dari lingkungan di luar kita dan dari diri sendiri.
Bekal dari luar seperti mengikuti training secara berkala, pengetahuan tentang strategi menjual dan menghadapi customer. Poin ini tidak terlepas dari peran perusahaan, yang sebaiknya jangan hanya menjual komoditi saja, namun memperhatikan juga kualitas SDM-nya.
Sedangkan bekal dari dalam diri diantaranya meliputi: semangat untuk bekerja dan berprestasi, jujur, loyal, kerjasama (team work), sesuai dengan peraturan perusahaan atau tertib administrasi, sampai mempersiapkan penampilan sebelum menemui customer.
“Pada dasarnya semua karyawan itu memang harus punya semangat kerja dan berprestasi. Manfaatnya bukan hanya untuk perusahaan saja, namun yang terbesar adalah untuk dirinya sendiri. Kalau semangat itu kita punya, maka yang meraih kesuksesan nantinya kita juga,” tegas Coach yang sudah berpengalaman lebih dari 30 tahun di dunia bisnis ini.
Lebih lanjut, the Most Supportive Coach 2014 ini juga berdiskusi dengan peserta terkait problem dan pengalaman di lapangan.
Di akhir acara, Handoko Halim selaku Direktur PT. Halimjaya Sakti berharap training ini benar-benar bisa membawa manfaat yang besar juga perubahan positif yang diharapkan.
“Perubahan positif ini sangat berguna untuk menunjang perkembangan perusahaan dan memenangkan persaingan pasar. Lebih jauh, perubahan positif bukan hanya untuk perusahaan saja, namun untuk mereka pribadi juga,” ujarnya.