WHY DO YOU NEED A BUSINESS COACH

Mengapa Pemilik Bisnis perlu Memiliki Seorang Business COACH?

1. Partner Berpikir Strategis

Kompetisi bisnis semakin hari semakin meruncing, konsekuensinya: ‘menguasai’ sebagian aspek bisnis
saja tidak cukup. Anda wajib menguasai seluruh aspek bisnis (Sales, Operasional, Finansial, HRD) secara seimbang. Jika tidak, ada resiko besar akan tertinggal dan pangsa pasar anda akan diambil oleh kompetitor. Coach anda akan memberdayakan segenap aspek secara seimbang-strategis sehingga daya saing anda menjadi tinggi.

2. Membentuk Kesadaran Holistik

Manusia pada dasarnya memiliki ‘titik buta’ (blind spot) :
-    Asumsi-asumsi yang dianggap benar, namun belum tentu benar.
-    Ketakutan dan keraguan yang kadang berdasar, namun sering juga tidak berdasar.
‘Titik buta’ ini hanya bisa dilihat oleh pihak luar/ coach ( orang yang sudah dilatih dan tersertifikasi untuk membantu anda melihat ‘titik buta’ ini). Disinilah sering potensi bisnis ter'jebak' dan susah beranjak, sehingga potensi bisnis anda yang seharusnya ‘cerah’ tidak kunjung mencapai titik optimalnya, sedangkan waktu berjalan terus.

3. Pemegang Komitmen dan Disiplin Anda

Sama dengan atlet profesional, setiap pemilik bisnis yang ingin mencapai titik puncaknya wajib memiliki disiplin bertindak dan (terutama) disiplin dalam berpikir. Namun sayangnya, dengan kesibukan yang semakin tinggi, anda mempunyai resiko besar kehilangan 'fokus' dalam berpikir dan bertindak. Seorang coach akan membantu mengingatkan dan men'disiplin'kan anda untuk setia di ‘jalur’nya.

4.  Umpan Balik yang Obyektif

Sebagai pucuk pimpinan tertinggi, hampir pasti banyak pihak ‘sungkan’ untuk memberikan kritikan, masukan, dan umpan balik kepada anda. Seorang coach memiliki integritas tinggi untuk selalu menyampaikan segala sesuatu 'apa adanya' kepada anda sehingga parameter anda selalu valid dan jelas.

5. Membantu Perencanaan Masa Depan

Bisnis yang menguntungkan secara konsisten adalah tujuan utama setiap pemilik bisnis. Tiada gunanya memiliki untung sesaat untuk merugi besoknya. Merancang Visi (masa depan) serta rencana jangka menengah dan panjang adalah salah satu tugas yang paling sulit, dan membutuhkan energi serta mental yang kuat.Coach anda akan memberdayakan anda langkah demi langkah, sehingga apa yang terlihat mustahil, bisa dicapai secara bertahap namun pasti.

6. Mendorong Pengambilan Keputusan Taktis
Tantangan emosional terbesar di dalam bisnis adalah banyaknya hal-hal dilematis yang butuh diputuskan segera. Penundaan memutuskan sesuatu, bisa berakibat hilangnya potensi, bahkan dapat mempersulit kemajuan bisnis anda.
Coach anda akan memberdayakan anda dalam pengambilan keputusan penting, dan proses berpikir di balik setiap keputusan itu.

7. Edukator
Coach anda akan memberikan ilmu terapan bisnis yang merupakan intisari dari pengalaman membantu ratusan bahkan ribuan pemilik bisnis seperti anda. Namun yang lebih penting lagi, coach akan meng-inisiasi anda untuk memiliki kebiasan belajar mandiri.

8. Teman Baik Tanpa Kompromi
Coach anda akan menjadi teman anda, namun tidak akan mengkompromikan masa depan anda demi kenyamanan sesaat. Artinya, jika dihadapkan pada pilihan, coach anda memilih fokus ke masa depan anda, walaupun konsekuensinya anda harus melakukan hal-hal yang kurang nyaman bagi anda saat itu.

0 komentar:

Posting Komentar