Senin, 16 April 2018

PREMIUM SERVICE, PERLUKAH? - By: Coach Suwito Sumargo*


Suatu hari seorang teman mengajak saya ke toko handphone. Dengan langkah pasti, dia menuju sebuah toko yang terletak di deretan dalam. Ini bagian yang jarang saya kunjungi.
Oops...ternyata toko yang dituju ramai sekali. Kami harus menunggu hampir 10 menit, sebelum seorang pramuniaga menghampiri. Dengan cekatan dia melayani teman saya itu.
Iseng-iseng saya nanya ke teman: “Ini toko langgananmu kah?”
“Iya. Saya selalu beli disini.”
“Kenapa?”
“Murah. Paling murah.”
“Oo...,” saya pun menganggukan kepala tanda paham. Positioning toko ini adalah menjadi yang termurah.
Mungkin ini sebabnya, toko ini tak perlu lokasi yang strategis, di deretan depan. Dan mungkin ini pula sebabnya kami harus rela menunggu.
Di toko ini, tak ada kursi untuk menunggu dengan nyaman. Tak ada minuman segelas pun yang disuguhkan. Etalase-nya jadul dan terlihat tidak terawat.
Toko ini tidak mengandalkan premium service. Tapi dia harus pintar menekan biaya, karena tak ada budget promosi.
Apakah bisnis Anda termasuk kategori seperti ini?
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar