Senin, 08 Januari 2018

WHAT’S IN IT FOR ME - By: Coach Suwito Sumargo*

Ini percakapan antara CS sebuah Bank dengan Pemilik Toko.
CS : Untuk ganti nama, bapak harus membuka rekening baru di cabang terdekat dengan toko.
Pe : Jadi untuk 3 toko dengan pemilik yang berbeda, harus buka 3 rekening baru? Apa nggak ada cara lain yang lebih simpel?
CS : Maaf pak, hanya itu caranya.
Pe : Lha, what's in it for me? (apa manfaatnya buat saya?). Kalau merepotkan, lebih baik saya batal saja, deh. 

Itu hanya cuplikan singkat. Percakapan sesungguhnya berlangsung cukup lama. Dan hasil akhirnya tidak memuaskan kedua belah pihak.
Sebagai pengusaha, kita sering kali terikat dengan SisDur atau SOP yang tidak fleksibel dan bahkan menyulitkan konsumen. Tentu saja, demi keseragaman, urutan kerja dan kontrol, staf kita biasanya dituntut untuk bersikap tegas dan mengedepankan disiplin.
Tapi, satu hal yang sering kita lupakan, yaitu: manfaat buat konsumen.
“Konsumen itu Raja”. Pepatah ini masih berlaku sampai sekarang, lho.
Konsumen butuh proses yang simpel, transparan, fair dan masuk akal. Mereka merasa, itu haknya sebagai konsumen. Dan bila konsumen tidak mendapatkannya, mereka akan protes. Atau, saat mereka kecewa, maka mereka tidak akan membeli lagi. Bahkan, tak jarang, konsumen mengumbar pengalaman yang tidak enak itu melalui SosMed.
What's in it for me, harus dipikirkan sejak awal. Bukan saja saat di tengah atau di akhir proses, tapi sejak sebelum launching, kita harus memikirkannya. Konsumen butuh tahu di awal: apa manfaatnya buat saya?
Sudahkah Anda memikirkannya?

Coach Suwito Sumargo:                                           
Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah sertalebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar