Senin, 11 Desember 2017

DINOSAURUS - By: Coach Suwito Sumargo*

Gimana caranya menangani Dinosaurus?
Dinosaurus?
Iya, dinosaurus itu julukan buat karyawan lama yang mentok.”
Mentok?
Iya Coach, mentok itu ndak bisa diajari hal-hal baru. Mereka ini kan karyawan peninggalan.
Peninggalan?
Wah...Coach heran ya dengan istilah-istilah kami. Mereka ini karyawan-karyawan yang direkrut oleh manajemen lama, dengan kebijakan lama.
Oo...saya pun menganggukkan kepala tanda mengerti.
Anda mungkin pernah mengalami hal yang serupa. Terutama ketika arah bisnis utama kita berubah, maka mungkin sekali terjadi hal seperti di atas.
Contoh, sebuah usaha cuci-cetak foto yang pernah jaya di masa lalu, harus banting setir menjadi cetak digital. Peralatan produksinya ganti, sesuai dengan perubahan teknologi. Begitu juga karyawan-karyawan intinya. Kompetensi yang dibutuhkan berbeda. 
Perubahan mendadak tentu akan memakan korban. Karyawan yang termasuk “dinosaurus” dan tidak bisa mengikuti perubahan, terpaksa harus resign.
Apakah hal seperti ini bisa kita hindari? Tentu saja bisa. Sebenarnya fenomena “dinosaurus” tidak akan terjadi jika sebelumnya kita melakukan tindakan pencegahan. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memberikan training secara reguler. Pelatihan rutin yang disesuaikan dengan perubahan jaman, bukan hanya akan mendevelop karyawan kita. Lebih jauh, akan menjadikan bisnis kita bertahan dalam segala ‘cuaca’ termasuk perubahan teknologi.
Lalu bagaimana jika sudah terlambat? Bagaimana jika core business sudah terlanjur berubah. Apakah kita masih bisa memanfaatkan karyawan-karyawan lama?
Menurut saya, tidak ada salahnya memberikan kesempatan kedua pada mereka. Misal dengan explore atau menggali bakat dan kemampuan mereka di bidang lain. Atau peluang untuk belajar dan mendalami kembali kemampuan yang sudah dimiliki sebelumnya dan di’upgrade’ menyesuaikan kondisi terkini.
Nah, bagaimana dengan Anda? Apa yang Anda lakukan agar fenomena “dinosaurus” tidak terjadi pada bisnis Anda ke depan? Bagaimana langkah yang dilakukan untuk meminimalisirnya?
Salam The NEXT Level!



* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar