Senin, 24 Juli 2017

JALAN TIKUS - By: Coach Suwito Sumargo*

Pernah dengar istilah 'Jalan Tikus'? 
Mungkin istilah ini sudah jarang terdengar lagi. Orang lebih mempercayai Apps sebagai penunjuk jalan. 
'Jalan Tikus' ialah jalan yang tak lazim atau tak populer. Tidak banyak yang tahu, sehingga jarang dilewati orang & kendaraan. Relatif lebih sepi, sempit, berkelok-kelok, kadang kondisi jalannya tidak mulus, dan mungkin malahan lebih jauh jarak tempuhnya. Tapi lebih lancar. 
Kita memilih 'Jalan Tikus' karena jalan yang biasa ditempuh sedang macet, atau ditutup. 'Jalan Tikus' adalah jalan alternatif atau terobosan. 
Bagi sebagian orang, menemukan sebuah terobosan itu terasa luar biasa. Bangga dan senang, apalagi bila terobosan itu ternyata berguna dan jadi panutan banyak orang. 
Dalam bisnis juga seperti itu. Pengusaha ditantang untuk (selalu) mencari dan menemukan terobosan-terobosan baru yang bakal jadi diferensiasi dan keunggulan bisnisnya. 
Isteri saya punya langganan, penjual ayam potong (ehm,.salah..:D). Isteri saya adalah pelanggan si penjual ayam potong itu. Dari 3-4 penjual ayam potong di pasar, hanya 1 orang ini saja yang menyempatkan diri dan bertanya alamat rumah kami. Dia pula satu-satunya yang menginfokan nomer hape-nya: “Ini WA saya. Silahkan hubungi bila butuh apa-apa,” ucapnya seraya senyum. 
Seminggu kemudian, kami mulai memesan ayam potong via WA. Adalagi, pesanan kami di kirim ke rumah, tanpa biaya tambahan. Wow!
Saat rekan sesama pedagang ayam potong belum mengoptimalkan gadget-nya, pedagang yang satu ini sudah membuat terobosan. Hanya saja, terobosan ini bukan jalan tikus lagi, tapi jalan ’Tol. Nyaman’ (ndak usah jalan ke pasar lagi), cepat dan terjamin. 
Dulu, 'Jalan Tikus' jadi keunggulan, karena jarang yang tahu. Sekarang, semua orang punya informasi. Tapi, tetap saja kita harus mencari terobosan. Kalau perlu, lewat Tol...supaya lebih cepat. Apakah Anda masih pakai 'Jalan Tikus'?  
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar