Senin, 03 April 2017

KISAH PERANG HARGA PENJUAL SOTO - By: Coach Suwito Sumargo*

Kali ini saya bermalam di hotel, minus sarapan. Berarti, saya punya kesempatan untuk keluyuran pagi-pagi, mencari sarapan. 
Pagi itu, saya menyeberang jalan. Di situ ada rombong soto ayam dekat halte bis. Sudah ada 4 - 5 orang yang duluan. Dari pakaian, kelihatan kami beda kelas. Setelah selesai makan, saya bertanya: “Berapa?”
Nasi soto plus es teh manis, 13 ribu,” sahut si penjual sambil senyum. 
Keesokan harinya, saya bangun lebih pagi. Kali ini saya memilih sarapan soto yang lain, 100 meter lebih jauh.
Dari eksteriornya, tampak depot ini lebih berkelas. Ada tempat parkirnya pula. Di dinding ada poster promosi: bla bla bla... 8ribu. Dengan enteng saya mengacungkan jari ke poster itu sambil berkata: “Tambah es teh manis satu.”
Saatnya membayar. “Berapa?”
“10 ribu,” sahut si kasir tanpa ekspresi. Saya pun melongo, lebih murah dari soto yang kemarin! Gila, ternyata soto pun ada perang harga. 
Penjual soto pertama, tak punya pegawai. Semua dikerjakan sendiri. Depot soto kedua punya 3 orang pegawai. Urusan rasa, tidak beda jauh. 
Depot soto kedua memang ramai dikunjungi, sejak jam 7 pagi hingga jam 9 malam. Rombong soto pertama hanya berjualan hingga jam 9 pagi, lalu pindah entah kemana. 
Diam-diam saya menggerutu, sampai kapan si rombong soto pertama bisa bersaing dengan depot soto kedua?
Anda mungkin mengalami situasi serupa. Positioning pesaing mungkin lebih baik ketimbang Anda. Pesaing Anda menang lokasi (dekat Halte Bis). Sementara Anda menang eksterior dan lebih berkelas. Masing-masing punya pelanggan dari segmen yang berbeda. 
Pertanyaannya : “Bila Anda pemilik depot soto kedua, apakah Anda juga akan melakukan promosi harga (8ribu)?”
Ingin tahu pendapat saya? 
Jawab dulu pertanyaan diatas, lengkapi dengan alasan Anda dan kirim ke suwito@baracoaching.com.
Salam The NEXT Level!



* Coach Suwito Sumargo:                                           
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Poskan Komentar