Kamis, 11 Agustus 2016

PAHLAWAN - By: ActionCOACH BARACoaching

Bulan Agustus sebagai bulan dimana kita memperingati hari Kemerdekaan Indonesia. Tentu jika kita memikirkannya, kemerdekaan tidak bisa terlepas dari peran para pahlawan.
Sifat/ karakter apa saja yang membuat seseorang dianggap sebagai pahlawan?
1. Berani, meski juga punya rasa takut, mereka bertindak berani untuk orang lain.
2. Berkorban, mau berkorban untuk kebaikan orang lain meski terkadang menyakiti diri sendiri.
3. Good looking (I'm kidding hehehe), superhero Hulk tidak "good looking".
4. Bertindak tepat disaat tepat. Ini mungkin sifat yang paling krusial, karena gabungan pertimbangan yang matang, pengalaman, dan pengambilan keputusan.
5. Bersedia menerima konsekuensi keputusan yang diambil, seberat apapun itu.
6. Mendengarkan. Seseorang menjadi pahlawan biasanya bersedia mendengarkan masukan orang lain sehingga pertimbangannya lebih obyektif.
Nah, sebagai pebisnis sebenarnya kita juga adalah pahlawan, paling tidak berusahalah untuk anak buah kita. Kapan kita perlu berani dan bersedia berkorban? Paling tidak pada saat-saat tertentu dalam perusahaan yang membutuhkan perubahan, kita perlu berani memutuskan, bertindak dan menerima konsekuensi-nya.
Bertindak tepat di saat tepat ini yang paling menantang, karena seorang pahlawan harus berkembang pemahamannya melalui pengalaman dan kemauan belajar terus menerus.
Pemilik bisnis perlu meng-investasi-kan waktunya untuk berkembang secara pribadi baik dari sisi intelektual maupun keahlian. Tanpa ini, seorang pahlawan (dalam hal ini pebisnis) tidak mampu cukup tajam untuk bertindak tepat di saat yang tepat.
Kemampuan untuk mendengarkan secara aktif perlu dilatih, sehingga tidak saja mendengar apa yang disampaikan (tersurat), tetapi juga apa yang tidak tersampaikan (tersirat).
Dengan mendengarkan, selain kita semakin memahami orang lain (anak buah) tetapi juga lebih obyektif menilai kondisi masalah / tantangan yang ada.
Seorang pebisnis yang dipandang sebagai pahlawan oleh anak buahnya dengan sifat/ karakter di atas, lebih mungkin bekerja dengan efektif dibanding yang tidak.
Anda seorang pahlawan?

Salam The NEXT Level!

0 komentar:

Posting Komentar