Kamis, 18 Agustus 2016

4 DISCIPLINE OF EXECUTION

Setiap pelaku bisnis atau perusahaan pasti memiliki goal dan tujuan dalam bisnisnya. Namun tidak jarang goal dan tujuan dari perusahaan "dijegal" oleh staff perusahaan sendiri. Hal itu terjadi karena biasanya pemimpin perusahaan tidak cukup jelas menentukan tindakan, disiplin, dan kurang mengkomunikasikan dengan anak buah. Dalam setiap proses bisnis, hal yang penting adalah disiplin utama dalam menjalankan operasional bisnis atau melakukan eksekusi bisnis.
Disiplin yang pertama yaitu Focus On The Wildly Important Goals (WIG). Memfokuskan pada hal yang terpenting atau golnya gol. Semua hal harus terencana dari waktu ke waktu. Supaya tidak ter"jegal" oleh staff yang kadang lebih tahu banyak hal daripada owner bisnis sendiri.  
Disiplin yang kedua adalah Act of Lead Measures atau daya ungkit (leverage). Cara untuk menentukan daya ungkit adalah dengan menentukan prioritas dan memilih tindakan mana yang jika dilakukan akan memberi dampak terbesar bagi perusahaan.
Disiplin yang ketiga adalah Keep A Compelling Scoreboard, yaitu membuat scoreboard yang memotivasi dan terlihat. Jadi seluruh anggota perusahaan bisa mengetahui sampai dimana pencapaian perusahaan, dimana kekurangan perusahaan, serta seberapa jauh perusahaan harus "lari" mengejar ketertinggalan. Pemilik perusahaan juga harus membuat bersama tim dan memonitor hasilnya secara periodik, sehingga dapat mengetahui kemajuan tim maupun perorangan.
Sederhananya, WIG dapat ditentukan dengan memilah-memilah gol-gol yang akan dicapai. Apakah gol tersebut urgent & important, important but not urgent, urgent but not important, dan not important & not urgent. Urgent adalah sesuatu yang muncul tiba-tiba dan tidak bisa dikendalikan, namun bisa diatasi dengan perencanaan yang baik. Anda bisa membuat pembagian urgent dan important ini dalam bisnis Anda, sehingga lebih jelas dan bisa dikerjakan.
WIG sendiri memiliki rules sebagai berikut:
1. Fokus tidak lebih dari 2 WIG pada waktu yang bersamaan.
2. Pilihlah yang paling mudah dikerjakan namun paling berdampak untuk kemajuan perusahaan.
3. Staf/ tim membuat WIG, pemimpin diharapkan tidak mendikte.
4. Semua WIG: harus jelas tindakannya, siapa yang mengerjakan dan kapan waktunya.
Pada akhirnya, 4 disiplin ini berguna untuk menekan biaya, meningkatkan sales, meningkatkan profit, mendelegasikan tugas, hingga meluangkan waktu untuk “me time” bagi owner.

Salam The NEXT Level!

0 komentar:

Posting Komentar