Kamis, 23 Juni 2016

TUA TIDAK SELALU GAPTEK - BARACoaching Surabaya

Sebuah iklan asuransi mobil yang baru saja saya lihat di salah satu TV swasta menggambarkan, mudahnya mengurus pelaporan claim jika mobil mengalami kecelakaan. Di iklan itu, pemeran-nya (maaf) sudah berumur dan suasananya di area pedesaan. Mobilnya pun model mobil bak terbuka untuk angkut barang. Pemilihan pemeran dan suasana ini brilian, karena penyampaian pesannya jadi jelas sekali.
Iklan ini memberi solusi buat pengurusan claim asuransi mobil yang biasanya ribet, pemilik mobil wajib datang ke kantor asuransi untuk diperiksa kondisi mobilnya. Pesan utama iklan adalah menggunakan foto pun bisa untuk laporan claim, bahkan orang berumur pun bisa (konon, kalau orang berumur kan gaptek :D). Bukan hanya memberi solusi kemudahan bagi pelanggan, namun juga menyampaikannya dengan tepat. Bravo!
Pelajaran apa yang kita bisa kita pelajari?
1.       Awareness
Perusahaan menyadari jika ada kesulitan yang dihadapi oleh pelanggan atau calon pelanggan. Bagaimana cara menemukan kesulitan yang dialami pelanggan? Cara yang paling mudah adalah bertanya kepada mereka. 
Cara lainnya adalah mendata komplain dari pelanggan atau menanyakan kepada staf kita apa keluhan yang disampaikan di lapangan (contohnya di toko/ outlet kita, pada saat pengiriman, pada saat pembayaran, dan lain-lain).
2.       Find Solution
Mengusahakan mencari cara mempermudah pelanggan. Menyesuaikan dan mempersiapkan proses internal di perusahaan. Dari semua yang ditemukan di poin 2, kita bisa membuat ranking mana kesulitan pelanggan yang jika diberikan solusi-nya dapat sangat membantu mereka.
Misalnya: menyediakan jasa pembayaran yang bervariasi, atau memberi kredit bekerjasama dengan pihak ketiga, otomatisasi proses sehingga lebih cepat, memperpendek proses antrian, dan lain-lain.
3.       Communication
Menyampaikan bahwa perusahaan menyadari kesulitan pelanggan, mencari solusi dan menemukan solusi (proses). Komunikasi bisa dilakukan dengan berbagai cara, terutama karena dengan teknologi pilihannya menjadi lebih bervariasi.
Semoga bermanfaat. 
Salam The NEXT Level!


0 komentar:

Posting Komentar