Kamis, 30 Juni 2016

INNER BEAUTY - By: ActionCOACH BARACoaching

Meski penampilan memegang peranan penting, terutama untuk memberi kesan pertama (namanya kesan pertama artinya tidak ada kesempatan kedua kan?), namun tidak boleh dilupakan "kecantikan dari dalam" yang bahasa kerennya "inner beauty".
Karena inilah hal berikutnya yang memperkuat kesan pertama dan biasanya bersifat jangka panjang. Perempuan yang punya keduanya secara seimbang dijamin bakal menarik bagi orang lain dan menjadi idaman. Semakin mengenal semakin cantik! Wow!
Tantangannya, membangun "inner beauty" perlu waktu. Logikanya, jika dampaknya jangka panjang, usaha untuk membangunnya tentu juga memerlukan usaha yang jangka panjang/ proses.
Ups, jangan salah tangkap, ini bukan hanya membicarakan tentang perempuan, namun di dalam bisnis pun, kita mengenal juga "outer" dan "inner beauty". Biasanya usaha-usaha marketing dimana kita ingin menarik orang lain mendekat, kesan pertama sangat penting, ini yang saya sebut "outer beauty". Segala sesuatu yang langsung bisa dilihat oleh orang lain termasuk dalam kategori "outer", contohnya: packaging, promo visual, SPG, desain outlet, iklan-iklan, dan lain sebagainya.
Lalu, apa yang dimaksud sebagai "inner beauty"? Membuat sistem, monitor, perbaikan struktur organisasi, proses bisnis, membina, mengenali potensi dan mengelola orang, melakukan pelatihan, mengoptimalkan sumber daya sehingga menghasilkan keuntungan. Merancang proses keuangan, mengendalikan anggaran, disiplin pengeluaran, mengamati pemasukan, menganalisa hal-hal apa yang perlu dianggarkan dan mana yang harus dihemat, dan masih banyak lagi contoh-contohnya.
Semua proses yang disebutkan di atas, tidak dapat langsung dilihat oleh orang di luar perusahaan, semuanya dikerjakan di dalam. Semakin konsisten dilakukan, semakin baik dampaknya. Perusahaan yang mampu menyeimbangkan "inner" dan "outer" ini yang disebut  "semakin mengenal semakin cantik!" Keduanya penting, perlu usaha, biaya dan disiplin tinggi.
Jika bisa memainkan keduanya dengan baik, saya percaya Anda bukan hanya mampu menghadapi persaingan tetapi juga memenangkannya.
Semoga bermanfaat.

Salam The NEXT Level!                           

0 komentar:

Posting Komentar