Kamis, 02 Juni 2016

GAFO - By: Coach Ruaniwati*

Kapan terakhir kali Anda GAFO (baca = Gagal fokus)? Kondisi ini disebabkan oleh derasnya arus informasi yang kita terima setiap hari, baik yang relevan dengan bisnis kita maupun yang tidak relevan. Banyaknya pekerjaan yang perlu kita lakukan sendiri sebagai pebisnis, sehingga bingung menentukan prioritasnya.
Menurut penelitian, generasi milenia hanya bisa fokus pada satu hal tertentu paling lama 20-30 detik sebelum pindah fokus ke hal lain. Mungkin kita tidak sependek itu, namun jika kita tidak berlatih untuk fokus maka tentu hasilnya tidak akan optimal.
Masih ingat percobaan membuat api dengan bantuan sinar matahari dan kaca pembesar?
Sinar matahari diarahkan ke titik tertentu dengan kaca pembesar, setelah beberapa waktu, akan timbul asap dan menghasilkan api.
Sama dengan percobaan di atas. Diperlukan fokus  tenaga, pikiran dan konsentrasi pada waktu tertentu untuk mengerjakan hal tertentu sehingga ada kemajuan berarti di bisnis kita.
Bagaimana dengan Anda soal fokus ini? Beberapa klien mengaku tidak bisa fokus karena ada beberapa hal sekaligus yang harus dikerjakan. Kita perlu berlatih supaya bisa mengatasi hal ini. 
Beberapa trik yang biasanya saya lakukan jika GAFO :)
1.       Menuliskan hal-hal apa saja yang harus dikerjakan termasuk deadline-nya.
2.       Mengelompokkan hal-hal itu sesuai kategorinya, misalnya: kategori produksi, keuangan, sumber daya manusia, asset atau prasarana, dan kategori lainnya.
3.       Memetakan dan menyusun prioritasnya.
4.       Melihat apakah ada yang bisa di-delegasikan.
5.       Membuat korelasi kategorinya jika ada.
6.       Mulai fokus mengerjakannya, mungkin ada yang harus satu persatu, ada yang bisa dikerjakan paralel.
7.       Memeriksa hasilnya.
Mungkin Anda punya cara lain untuk tetap fokus? Ceritakan pada kami! Cerita Anda akan kami tayangkan di blog ini. Semoga bermanfaat.

Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-     Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

1 komentar:

  1. Trimakasih Ibu Ruaniwati utk tipsnya ketika kita GAFO :D

    BalasHapus