Senin, 04 April 2016

PERTANYAAN YANG EMPOWERING - By: Coach Suwito Sumargo*

 “Kau sudah makan?” tanya Mama. Kalimat itu selalu terucap ketika saya mengunjungi beliau di siang hari. Saya tahu, melalui pertanyaan itu beliau 'mengingatkan', agar saya lebih memperhatikan kesehatan dengan makan pada waktunya. Ya, ketika muda dulu, saya sering mengabaikan jadwal makan siang.
Sebagai owner/pimpinan, kita juga bisa melakukan hal sama, yaitu : bertanya. Misalnya, setiap sore sebelum pulang, kita bertanya : “Besok, berapa setoran ke Mandiri?.  Pertanyaan ini kita lontarkan setiap sore ke staf yang bertugas menyetor ke Bank keesokan harinya. Ini mengingatkan dia akan tugas rutinnya.
Atau, kita bisa menanyakan : “Berapa outstanding kita di BNI?”. Bila pertanyaan ini kita ungkapkan ke staf keuangan setiap Jumat, maka awareness terhadap nilai outstanding akan tetap terjaga. Sadar atau tidak, dia otomatis tahu nilai outstanding. Lalu, apa gunanya?
Pertanyaan-pertanyaan di atas akan membentuk habit dan awareness. Selanjutnya, kita berpeluang mengajak staf kita untuk berpikir ke level yang lebih kompleks.
Misalnya : Bila outstanding kita sudah mencapai 1M, maka kamu harus langsung memberi tahu Sales Manager untuk meningkatkan penjualan dan memberitahu bagian purchasing agar menyetop pembelian, karena keuangan perusahaan sedang gawat.
Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan langkah awal dalam memberdayakan staf kita.
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.
- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar