Senin, 18 April 2016

ES.O.PE - By: Coach Suwito Sumargo*

Saya butuh ES.O.PE tertulis, demikian jawaban seorang pengusaha ketika saya menanyakan : Apa yang bisa saya kerjakan untuk Anda? Ini menjadi awal perbincangan hangat kami siang itu.
Saya tahu, yang dimaksud adalah Standard Operation Procedure dalam bentuk tertulis atau berupa dokumen. Beliau menjelaskan bahwa dibutuhkan dokumen sebagai pegangan atau acuan, agar karyawannya bisa melakukan secara benar, tepat seperti yang diinginkan beliau dan secara terus menerus.
Omong punya omong, ternyata ketahuanlah bahwa sang pengusaha ini gregetan, karena karyawannya tidak selalu melakukan pekerjaan sesuai dengan instruksi. Sehingga beliau harus menempatkan pengawas, agar instruksinya dipatuhi.
Ketika melakukan kunjungan, saya menemukan fakta bahwa sebagian besar karyawannya sudah tahu dan sudah bisa melaksanakan instruksi kerja dengan baik. Tapi hasilnya tidak konsisten dan sering di-reject oleh bagian QC.
Temuan lain yaitu mereka tidak termotivasi untuk melakukan terus menerus, apalagi meraih prestasi (misalnya: karyawan yang menghasilkan reject tersedikit selama 1 periode).
Untuk membantu sang  pengusaha, saya menyampaikan saran yaitu bahwa SOP tertulis bukanlah satu-satunya solusi.
Singkat kata, melalui proses coaching, tim akhirnya menemukan solusi sederhana. Misalnya, di tempat kerja dikumandangkan lagu-lagu populer, sehingga suasana kerja menjadi lebih riang. Karyawan bekerja dengan relax namun tetap menghasilkan barang berkualitas. Reject pun berkurang.
Selain itu, secara berkala diumumkan siapa yang menjadi karyawan teladan. Meski tanpa gelar kehormatan dan hadiah, karyawan tetap bangga. Dokumen SOP pun akhirnya tetap dibuat. Selain tertulis juga dalam bentuk rekaman (video).
Seringkali, kita hanya melihat permukaan sebuah permasalahan saja, tanpa melihat permasalahan yang sebenarnya. Seorang Coach akan membantu Anda melihat permasalahan dan merangsang tim menemukan solusi. 
Salam The NEXT Level!

* Coach Suwito Sumargo:
- Memiliki pengalaman membangun Bisnis Keluarga dan franchise otomotif yang sukses selama lebih dari 30 tahun.
- The Winner Supportive Coach of The Year 2014.
- The Winner System Award 2014.

- Telah banyak membantu kliennya mendesain bisnis yang lebih efektif, lean dan lincah serta lebih menguntungkan dengan mengurangi bahkan meniadakan kebocoran-kebocoran dalam bisnisnya.

0 komentar:

Posting Komentar