Kamis, 03 Maret 2016

SCOTOMA - By: Coach Ruaniwati*

Scotoma adalah suatu kondisi dimana ada "blind spot" di penglihatan Anda. Posisinya bisa di tengah, atau di area ujung-ujung penglihatan. “Blind spot" pada scotoma bukanlah titik gelap namun adalah titik bergetar yang membuat pandangan kita menjadi buram di titik tertentu.
Jika Anda mengalami scotoma di area tengah penglihatan, kondisi ini tidak dapat diperbaiki dengan operasi ataupun memakai kacamata. Karenanya disarankan untuk melihat menggunakan alat bantu.
Beberapa rekomendasi yang disarankan untuk mengkompensasi penurunan penglihatan misalnya membaca dengan audio book, menggunakan filter untuk layar komputer, membaca sesuatu dengan kaca pembesar, dan lain-lain.
Contoh lain yang menggambarkan ketidakjelasan ini misalnya, jika kita sedang berkendara di gang sempit yang hanya muat untuk satu mobil di tikungan, tentu kita tidak dapat melihat mobil lain dari ujung satunya. Apakah yang kita lakukan pada posisi seperti itu untuk memastikan mobil di depan tahu? Salah satu cara adalah dengan membunyikan klakson!
Apakah artinya "scotoma" di perusahaan jika ada relevansinya? Kondisi ini adalah pandangan yang buram terhadap area-area tertentu di perusahaan yang tidak terlihat jelas. Contohnya jika kita tidak tahu atau samar-samar melihat efektifitas kinerja anak buah tanpa alat bantu ukur yang jelas. Jika samar-samar atau buram (biasanya karena feeling owner), tentu menyebabkan kita tidak dapat mengambil tindakan memperbaiki. Keputusan dan tindakan, baru dapat diambil sampai kita mampu melihat dengan jelas.
Jika scotoma terjadi, kita perlu melatih indera kita yang lain (dalam hal ini pendengaran misalnya) untuk bisa memberi gambaran yang lebih jelas terhadap apa yg tidak bisa kita lihat. Jadi apa yang terlihat buram/ tidak jelas di usaha Anda? Alat bantu apa yang perlu Anda pakai dan latih?
Beberapa hal yang bisa kita lakukan:
1. Terimalah masukan dari orang lain bukan sebagai kritik tetapi sarana untuk mengevaluasi dan memperjelas dari "indera" yang lain.
2. Perhatikanlah setiap keluhan baik dari customer atau anak buah untuk meng-identifikasi area yang buram.
3. Latihlah diri Anda untuk memperjelas penglihatan dengan alat bantu lain.
Selamat berlatih! Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-          Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Poskan Komentar