Kamis, 04 Februari 2016

CAN WE PLAY? - By: Coach Ruaniwati*

Can we play?
Jika pertanyaan di atas ditanyakan kepada orang dewasa, apa jawaban yang sering muncul? Saya membayangkan jawaban yang paling mungkin adalah: ngapain? Atau banyak orang yang akan menjawab: ah, kayak anak kecil, sudah besar masih suka main. Jika pertanyaan yang sama ditanyakan kepada anak-anak, dengan antusias mereka akan menjawab: ayo!
Apa yang membedakan antara orang dewasa dan anak-anak? Saya kira dengan jujur saya harus mengakui jika orang dewasa kekurangan kemauan untuk bermain, seakan-akan bermain hanya untuk anak-anak. Wajarlah demikian, karena orang dewasa terlalu "serius" untuk bermain. Banyak hal-hal "serius" yang dilakukan. 
Jika hal ini dibawa ke ranah bisnis, keseriusan ini akan lebih menjadi-jadi, karena berhubungan dengan pendapatan, uang, pengaruh terhadap orang lain, pelanggan, dan seterusnya-dan seterusnya.
Apakah dalam bisnis benar-benar tidak ada ruang untuk bermain? Bukankah pada saat kita sedang melakukan uji coba terhadap produk baru misalnya, sebenarnya kita juga sedang bermain. Jika ada tempat untuk bermain di bisnis Anda, dimanakah itu?
Mengatur papan permainan di bisnis akan menjadikan bisnis Anda jauh lebih menarik untuk diikuti. Mari kita temukan manfaat bermain:
1. Bermain memicu kreatifitas, terutama jika bertemu hambatan/ tantangan.
2. Bermain membuat kita lebih mengenal diri sendiri dan lawan main kita lebih baik.
3. Bermain bisa mendorong kita melihat papan permainan dari sisi yang berbeda-beda.
4. Bermain mengasah dan menguji strategi yang kita ambil.
5. Bermain menguji kecepatan kita beradaptasi dan ber-improvisasi. 
6. Bermain adalah proses belajar yang paling menyenangkan, pereda stress.
7. Bermain mengajarkan kita tentang angka, karena permainan yang sehat ada papan skor-nya, untuk menentukan pemenang.
8. Silakan diisi sendiri manfaat lainnya.
Jadi sekarang, ayo main... Mainkan petualangan di bisnis Anda dan dapatkan manfaatnya.!

Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-     Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Poskan Komentar