Kamis, 10 Desember 2015

BAGAIMANA BER‘KAMPANYE’ DALAM BISNIS? - By: Coach Ruaniwati*

Kita baru saja melakukan pilkada serentak kemarin di semua daerah di Indonesia. Saya tertarik mengamati bagaimana para calon melakukan kampanye (baca: promosi). 
Biasanya salah satunya dengan menyampaikan apa yang akan mereka kerjakan jika terpilih, seakan-akan dengan mengerjakannya, mereka sedang memenuhi kebutuhan dan keinginan kita bukan?
Bagi calon yang incumbent, yang telah mempunyai track record, ini akan jauh lebih mudah karena sudah ada buktinya dan biasanya lebih tahu apa yang diinginkan oleh pemilihnya. 
Sedang bagi calon yang baru, mereka perlu menyampaikan ide, gagasan dan rencana dengan lebih jelas, karena para pemilih mungkin tidak tahu siapa mereka dan "track record" dalam bidang mereka.
Mereka yang dianggap "related" dengan pemilih mempunyai kans lebih besar untuk dipilih.
Dalam marketing, salah satu hal yang penting, mirip dengan pemilihan calon kepala daerah adalah rasa "related" ini, karena setiap orang ingin dimengerti keinginan dan kebutuhannya.
Terjemahan bebas "related" adalah "nyambung". Bagaimana mendapatkan rasa nyambung ini? Sehingga produk/ layanan kita nyambung dengan kebutuhan dan keinginan pelanggan, bahkan sebelum mereka benar-benar merasakannya.
Paling tidak ada beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk menimbulkan hal ini:
1. Cobalah berpikir dan menempatkan diri Anda dari sisi pelanggan, apa yang dipikirkan atau diinginkan oleh "saya"?
2. Bertanyalah kepada pelanggan dan ceritakan hal-hal yang Anda telah kerjakan dan yang akan dikerjakan. 
Tanyakan apa pendapat mereka. Pikirkan motivasi yang mendasari jawaban-jawaban tersebut. Apakah pelanggan Anda ingin aman? Ingin kejelasan? Ingin dilibatkan? Ingin mendapat hal-hal yang spesifik?
3. Lakukan survei yang lebih serius dengan cakupan yang lebih luas.
Cara ini tentu saja memerlukan lebih banyak persiapan, usaha dan dana. Tetapi jika jelas tujuannya, hasil yang didapat akan menolong kita mengerti perilaku calon pelanggan/ pelanggan kita dan bisa digunakan untuk mengubah apa yang kita kerjakan supaya lebih "nyambung" dengan pelanggan.

Jika Anda ingin di-"coblos" oleh pelanggan lagi dan lagi, pastikan Anda "related" dengan mereka. Apakah Anda incumbent atau calon baru? Sudahkah Anda "nyambung"?
Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-          Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar