Kamis, 05 November 2015

BERANIKAH MEMBONGKAR KEBIASAAN ANDA? - By: Coach Ruaniwati*

Tahukah Anda bahwa setiap kita mempunyai pola tertentu dalam hidup kita, entah disadari atau tidak. Pola ini dibentuk dari kebiasaan-kebiasaan kecil yang kita lakukan sehari-hari. Dari mana asalnya kebiasaan ini bisa terbentuk? Ada yang asalnya dari kebiasaan sejak kecil dan lingkungan, juga bisa berasal dari keputusan yang kita ambil pada waktu tertentu. Misalnya, kita terbiasa sikat gigi setiap hari karena sejak kecil kita diajar dan dibiasakan untuk melakukan itu. 
Jika suatu kebiasaan terbentuk karena keputusan yang kita ambil, biasanya ada kejadian tertentu yang mendorong kita mengambil tindakan. Seperti contoh, kita memutuskan untuk hidup sehat setelah ada anggota keluarga yang sakit karena pola hidup sembarangan. Hal ini berlaku juga dalam bisnis, jika Anda punya kebiasaan tertentu dalam melakukan aktifitas marketing misalnya, apa dasar dari tindakan Anda tersebut?
Katakanlah jika sejak awal usaha Anda, promosi yang dikerjakan melalui iklan di koran dan mendatangkan penjualan, apakah cara ini masih valid sekarang dan mendatangkan hasil? Atau karena terbiasa melakukannya, Anda sudah tidak lagi memikirkan hasilnya, hanya karena sudah terbiasa?
Seberapa sering kita memeriksa kembali kebiasaan-kebiasaan apa yang kita kerjakan di bisnis yang memang menghasilkan? Apakah kebiasaan-kebiasaan yang kita kerjakan sekarang masih memberi benefit buat kita? Memeriksa kembali dari waktu ke waktu kebiasaan ini bisa menolong kita melihat mana kebiasaan positif yang harus dipertahankan dan mana kebiasaan yang dulunya positif, sekarang sudah tidak relevan lagi dengan usaha kita.
Atau jangan-jangan kebiasaan yang dulunya positif sekarang menjadi negatif, jika itu terjadi, berani-kah Anda mengubah / mengoreksi kebiasaan ini? Atau malas mengganti dengan kebiasaan baru karena Anda harus memulai dari awal lagi? Selamat menciptakan ulang kebiasaan Anda!
Salam The NEXT Level!

* Coach Ruaniwati:
-          Pelatih bisnis yang telah makan banyak asam-garam di dunia Marketing, Branding dan Advertising selama lebih dari 15 tahun.

-          Aktif membantu para womanpreneur dan start-up entrepreneur melalui siaran radio di She 99.6 FM, Mercury 96.0 FM dan aktifitas belajar-mengajar di berbagai kampus terkemuka Surabaya. 

0 komentar:

Posting Komentar