Kamis, 13 Agustus 2015

TERNYATA, OMZET BESAR BUKAN JAMINAN ‘PEGANG’ UANG

Selama ini pengusaha sering terjebak dengan pemikiran, bahwa profit besar menandakan bisnis yang sehat. Padahal selain profit, kondisi perusahaan yang optimal juga tergantung pada omzet dan cashnya. Lalu mana yang lebih penting, omzet, profit atau cash? Dan bagaimana juga membedakannya.
Menjawab problem ini, ActionCOACH BARACoaching Surabaya mengadakan bincang bisnis, khusus dengan para pengusaha, Sabtu (08/08/15) lalu. Bertempat di office BARACoaching, bincang bisnis ini menghadirkan Coach Humphrey Rusli, sebagai pembicara.
Dari pengalaman mengcoaching ratusan pengusaha, pelatih bisnis terbaik Indonesia tahun lalu ini mengungkapkan, kebanyakan pengusaha fokus ke omzet, dengan asumsi omzet besar sudah pasti profit besar dan juga punya uang (cash).
“Faktanya justru tidak demikian. Banyak omzet belum tentu ada profit, dan ada profit di atas kertas juga belum tentu ada cash di kantong. Masing-masing omzet, profit, dan cash punya aturan main yang berbeda-beda dan disiplinnya pun tidak sama,” tegas Coach Humphrey.
Lalu bagaimana strategi untuk menyeimbangkan ketiganya, agar pertumbuhan perusahaan jadi optimal? Coach Humphrey kembali memaparkan, untuk menyeimbangkan omzet, profit, dan cash dibutuhkan catatan yang jelas di masing-masingnya. Tidak boleh dicampur adukkan.
“Mulailah dari pencatatan cash dulu. Pastikan kewajiban pembayaran pada pihak-pihak lain seperti supplier, gaji karyawan, dan lain-lain, bisa di forecast dan diplanningkan lebih dulu. Setelah itu, pencatatan profit untuk memastikan usaha penjualan kita membuahkan profit yang steady dan stabil.”
Banyak hal dikupas dalam bincang bisnis ini. Selain apa saja bekal yang harus dimiliki untuk mengatur ketiganya, pemenang Coach of The Year ini juga berdiskusi dengan peserta tentang perbedaan omzet, profit, dan cash, mana yang lebih penting, serta bagaimana aplikasi dan pengaturannya di bisnis, mulai dari bisnis yang bergerak di bidang jasa maupun produk.

Dalam wawancara terpisah, pelatih bisnis yang sudah melatih ratusan pengusaha ini berharap, para peserta paham akan prioritas dan mampu memilah dengan disiplin tindakan-tindakan yang diperlukan untuk mengoptimalkan masing-masing dari omzet, profit, dan cash

0 komentar:

Posting Komentar