Kamis, 02 Juli 2015

“SELFI” DAN PELANGGAN - By: Coach Ruaniwati**

Satu hari Minggu, waktu makan siang di salah satu mall di Surabaya saya mengamati sekeluarga, terdiri dari Bapak, Ibu dan 2 anak usia remaja. Yang menarik adalah perilaku Ibunya.
Sejak duduk di restoran sampai makanan datang, si Ibu sibuk "sefie" dan share fotonya, lebih heboh dari anak-anak-nya yang usia remaja :)
Apakah Anda pernah menjumpai hal seperti ini? Mengapa seorang Ibu yang notabene tidak muda lagi bisa berperilaku layaknya "ABG"?
Saya kemudian menyadari satu hal, bahwa setiap orang memerlukan pujian dan penghargaan dari orang lain. Dengan men-share-kan hasil "selfie", sadar atau tidak, seseorang sedang mengharapkan perhatian orang lain.
Apakah pelanggan kita juga mengharapkan perhatian dan pujian? Tentu saja! Memang level kebutuhannya sama untuk setiap orang, tetapi dengan memberikan hal ini kepada pelanggan, Anda mempunyai jalan masuk untuk mengenali dan berelasi dengan pelanggan.
Bagaimana caranya?
Temukan hal-hal sederhana yang menjadi kebutuhan pelanggan, misalnya hubungi mereka, tanyakan apa yang dapat kita lakukan untuk mempermudah mereka.
Sekali-sekali tanyakan hobi mereka. Temukan cara-cara unik untuk memuji atau menghargai prestasi mereka. Bukan hanya di pekerjaan, tetapi bidang sosial lainnya jika ada.
Pendeknya, carilah kesempatan untuk memberikan perhatian kepada pelanggan Anda.
 Selamat mencoba! Have Fun!


** Coach Ruaniwati: womanpreneur dengan pengalaman lebih dari 16 tahun di bidang marketing, branding, dan advertising.

0 komentar:

Posting Komentar