Kamis, 07 Mei 2015

“AVENGERS” DALAM BISNIS - By: Coach Ruaniwati

Bagi saya, film-film superhero selalu asik ditonton :), selain dibikin kagum sama penampilan kostum, bentuk badan berotot aktor/aktris-nya, penampilan akting yang baik maupun penampilan visual koreografi yang tertata baik. Apalagi kalau film-nya tentang serombongan superhero, wow!
Ya, saya sedang membicarakan (baca "ngrasani") AVENGER! Saya terkagum-kagum dengan koreografi visual yang luar biasa keren. Dan seperti biasa, yang kita lihat keren sebenarnya adalah proses di belakang layar yang memakan ribuan jam kerja, ratusan kru yang terlibat dan tentu saja koordinasi yang baik untuk menciptakan karya yang mampu menarik perhatian orang banyak.
Film superhero dari sisi cerita mirip-mirip plot-nya, ada penjahat yang bakal ditumpas oleh sang pahlawan. Kali ini penjahat dengan segala kelengkapan teknologi yang rencananya ingin melenyapkan umat manusia di bumi dan seperti biasa di akhir cerita, penjahat ditumpas oleh superhero.
Ada satu hal di film "avengers" ini yang ingin saya bawa ke dunia nyata. Pada waktu superhero dalam proses mencari jalan menumpas penjahat (baca: Ultron) mereka ternyata mudah dipecah belah, salah satu taktik yang paling kuno yang tercatat di sejarah. Memanfaatkan ketakutan mereka masing-masing, para superhero luluh lantak tak berdaya menghadapi penjahat.
Bagaimana ini di dunia nyata? Barangkali tim yang kita punya secara perorangan adalah orang-orang luar biasa, tanpa dukungan kelompok mereka telah terbukti berprestasi hebat. Pada waktu berkumpul menjadi satu kelompok, ternyata hasilnya "memble". Apa yang terjadi? Mengapa mereka bisa tidak berprestasi secara kelompok?
Salah satu peran penting dalam kelompok adalah seorang pemimpin, yang dihormati oleh seluruh anggota kelompok, yang walaupun secara pribadi juga dapat dipengaruhi, namun punya kemampuan untuk melihat persoalan dengan obyektif dan melihat kelompok sebagai kesatuan.
Hal lain yang juga tak kalah penting adalah tujuan kelompok, jika setiap orang dalam kelompok mempunyai tujuan yang sama, maka sesulit apapun tugasnya, setiap orang mampu bertahan demi tujuan yang diyakini bersama (dalam hal ini mencegah pembasmian umat manusia dalam Avengers).
Apakah di perusahaan, Anda sudah punya tujuan bersama yang diyakini oleh orang yang terlibat? Apakah Anda telah bertindak sebagai pemimpin yang dihormati, disegani oleh kelompok superhero Anda?
Bertindaklah sekarang dan ciptakan segerombolan superhero di usaha Anda!
Salam The NEXT Level!

0 komentar:

Posting Komentar