Senin, 20 April 2015

TAK ADA PILIHAN! - By: Coach Suwito Sumargo**

Saat berkunjung ke sebuah tempat usaha (toko), saya sering kagum dengan ketangguhan sang bos dalam menjalankan usahanya. Tak jarang, sang Bos harus sudah standby atau mengawali pekerjaannya, sejak sebelum toko buka hingga malam hari (setelah toko tutup).
Menurut penuturan mereka, saat toko buka mereka sibuk melayani pembeli, pemasok dan mengawasi para pekerjanya. Sementara setelah toko tutup, dia harus memeriksa setiap transaksi dan menuliskannya ke dalam buku catatan. Hampir tak ada waktu istirahat yang memadai, apalagi berinteraksi dengan keluarga dan teman.
Kadang, saya menangkap keluh mereka, yang merasa capek setelah menjalani selama belasan (bahkan puluhan) tahun. Mereka bilang: tak ada pilihan! Mereka harus mengerjakan sendiri karena tidak ada yang bisa diandalkan untuk menggantikannya.
Apa yang mereka lakukan, mungkin layak kita acungi jempol. Komitmen mereka ini sungguh luar biasa. Tapi, apakah pernah terpikir, betapa mahalnya tenaga, pikiran dan waktu yang mereka curahkan?
Sejak menjadi Coach, saya selalu berusaha, mendorong para pengusaha ini untuk berpikir dan bertindak dengan cara yang berbeda. Kalau mau, sebenarnya pekerjaan-pekerjaan itu bisa di-delegasi-kan ke orang lain.
Dan sang bos bisa menikmati lebih banyak waktu luang. Karena memiliki cukup banyak waktu luang, jelas lebih berharga. Seberapa besar penghargaan Anda terhadap waktu?
Share pendapat dan problem Anda by email ke: suwito@baracoaching.com

** Coach Suwito Sumargo: The Winner Supportive Coach Award & System Award 2014 (Business Excellence Forum Award 2014)

0 komentar:

Posting Komentar