Kamis, 02 Oktober 2014

ADAKAH SI ‘OSTRICH’ DALAM BISNIS ANDA? (Coach Ruaniwati)


Tahukah Anda binatang OSTRICH? Sifat yang paling menonjol dari ostrich adalah kebiasaannya membenamkan kepala ke dalam tanah untuk melindungi diri dari musuh-musuhnya.
Lalu, apa korelasi antara sifat OSTRICH dengan karyawan kita? Ternyata sifat ostrich ini dapat ditemui juga pada karyawan kita. Masih bingung? Coba bayangkan sifat-sifat anak buah kita, apakah ada di antara mereka yang sangat tidak percaya diri walaupun sebenarnya mampu? 
Biasanya mereka akan cenderung untuk menghindar dari tugas-tugas tertentu yang belum pernah dikerjakan sebelumnya. Cenderung berada di zona nyaman, malas belajar hal baru karena berpikir kalau mereka tidak mampu. Sering berpikiran negatif jika ada kesalahan yang terjadi, selalu berpikiran yang paling buruk terjadi.
Bagaimana kita menolong orang-orang bertipe ostrich?
1.    Mulailah memberikan pujian untuk usaha-usaha baik yang dilakukan dan tidak terlalu mengkritik hasilnya. 
2.    Memberitahu anak buah kita pada saat dia berpikiran negatif, dan mengganti pikiran itu dengan sesuatu yang positif. Tidak terlalu peduli hasil akhirnya, yang penting fokusnya adalah berlatih berpikiran positif. Melakukan kesalahan adalah sesuatu yang normal, asal bisa mempelajari kesalahan itu sebagai sesuatu yang positif.
3.    Berlakulah lebih peka jika sedang berkomunikasi dengan orang bertipe ini, sering-seringlah memberikan motivasi & afirmasi positif.
4.    Jika Anda ingin memberikan tantangan baru kepada mereka, yakinkan bahwa Anda bisa dipercaya, artinya mereka tahu jika Anda tidak bermaksud mempermalukan mereka dengan tantangan ini.
Menarik ya? Dengan mengetahui beberapa tipe orang, kita dapat mendaya-gunakan mereka untuk bekerja dengan lebih baik. Apakah ada orang yang bertipe berbeda dengan tipe ostrich? Tentu saja! Temukan artikel-artikel selanjutnya tentang tipe-tipe orang di blog ini. 

0 komentar:

Poskan Komentar