Senin, 08 September 2014

Inspirasi Filsafat Wayang Jawa Dalam Dunia Bisnis (Part II) - BELAJAR MENJADI ‘ARJUNA’ DALAM BISNIS


Membangun bisnis itu ibarat membangun sebuah kerajaan. Pernah tidak, terpikir mengapa kerajaan-kerajaan Indonesia pada jaman kuno bisa bertahan sampai puluhan bahkan ratusan tahun. Apa saja resep yang bisa dipelajari untuk mendukung bisnis Anda di jaman modern seperti sekarang?
Salah satu tokoh yang banyak menginspirasi adalah Arjuna. Arjuna memang bukan bagian dari petinggi kerajaan-kerajaan Indonesia, namun cerita kepahlawanannya sering dijadikan acuan para Raja di jaman kuno.
Selain tampan, Arjuna juga dikenal karena kepandaiannya dalam memanah. Dia selalu bisa fokus dan dengan tepat membidikkan panahnya pada sasaran yang diinginkan.
Agar sukses, maka harus fokus. Demikian yang sering kita dengar. Maka, kita pun sibuk melatih diri agar bisa fokus. Fokus sepertinya sesuatu yang biasa-biasa saja, namun ternyata tidak semua orang bisa melakukannya dengan baik. Kita perlu melalui sebuah proses, melakukan sebuah gerakan tertentu, berulang kali, sebelum kita bisa memanah, menembak atau memasukkan bola basket ke dalam jaring dengan tepat.
Ada cerita menarik tentang Arjuna, ketika Drona mengajaknya dan keempat Pandawa lain masuk ke dalam hutan, untuk latihan memanah. Drona menggantungkan sebuah burung-burungan dari kayu di sebuah ranting pohon, di seberang sungai, tempat mereka berdiri.
Pertama, sang Guru memanggil Yudhistira dan bertanya,”Apa yang kamu lihat?”
“Aku melihat burung.”
“Apa lagi yang kamu lihat?”
“Aku melihat ranting dan daun.”
“Apa lagi?”
“Aku melihat pohon-pohon hutan dan sungai,” kata Yudhistira.
Drona menyuruhnya kembali, dan memanggil Bima.
“Apa yang kamu lihat?” tanya Drona pada Bima.
“Aku melihat burung.”
“Apa lagi yang kamu lihat?”
“Aku melihat langit, pohon, dan rumput.”
Selanjutnya, Drona menanyai Nakula dan Sadewa, dan menerima jawaban yang hampir sama. Akhirnya, Drona memanggil Arjuna.
“Apa yang kamu lihat, Arjuna?”
“Saya melihat mata burung, Guru.”
“Apa lagi yang kamu lihat?”
“Tidak ada, Guru.”
Drona bertanya lagi,”Kamu tidak melihat apapun lagi?”
“Tidak, Guru,” katanya penuh keyakinan.
“Apa kamu melihat ranting, daun, pohon, atau langit?”
“Tidak, Guru. Saya tidak melihat apapun kecuali mata burung.”
Drona langsung menyuruh Arjuna menembak, dan panah pun melesat tepat mengenai mata burung.
Dalam cerita ini, Drona mengajarkan agar fokus kepada sasaran, baru kemudian memanah. Namun hanya Arjuna yang sanggup melihat satu sasaran dan memanahnya dengan tepat. Jadi, bisa dikatakan memanah yang efektif itu ya seperti Arjuna. Selama kita belum fokus, maka tindakan (memanah) kita akan sia-sia atau tidak mengenai sasaran.
Bekal fokus juga sangat diperlukan bagi pebisnis, agar bisa membidik sasaran yang ingin dituju dengan tepat. Hanya 20% pebisnis yang memiliki kelebihan seperti Arjuna. Punya intuisi tajam untuk membidik sasaran bisnis dengan tepat. Selebihnya, sebagian besar pebisnis cenderung hanya disibukkan oleh analisa lingkungan, tapi justru lemah dalam eksekusi. Mereka seringkali terlalu banyak mikir dan akhirnya tak kunjung mengambil keputusan dan melakukan langkah penting.

3 Poin Penting Dalam Membidik Target
Lalu bagaimana caranya, agar kita bisa menjadi sosok ‘Arjuna’ dalam memimpin bisnis? Bagaimana agar kita bisa fokus, membidik target dengan tepat, dengan tindakan yang lebih efektif sekaligus efisien.
Pertama, zoom out to zoom in. Artinya, melihat sesuatu secara keseluruhan atau lebih luas, sebelum akhirnya lebih detail dan spesifik dari jarak dekat. Poin ini bisa didapat dari mempelajari lingkungan kompetitor kita, siapa saja mereka dan bagaimana cara mereka dalam membidik target pasar.
Intinya, kita harus melakukan persaingan dan perbandingan pasar. Bagaimana kita menemukan peluang yang tidak ditemukan oleh kompetitor, mempelajari kelemahan mereka dan membandingkan dengan apa yang sudah kita lakukan.
Dari situ, tariklah sebuah ‘garis’ yang lebih mengerucut, tentang siapa kompetitor utama kita, dan apa keunggulan yang bisa kita pakai untuk memenangkan ‘pertarungan’ bisnis.
Kedua, memperhatikan sasaran mana yang akan kita bidik, dan ‘peluru (panah)’ seperti apa yang akan kita gunakan agar tepat sasaran. Ada banyak pilihan peluru yang bisa digunakan. Dalam bisnis, dikenal dengan istilah bullet. Namun, hanya satu yang bisa tepat sasaran, disebut dengan cannon ball.
Cannon ball diperoleh dengan melakukan penelitian terlebih dulu. Hal ini untuk memudahkan kita mengetahui apa yang diinginkan oleh target (pasar atau konsumen) sebenarnya. Penelitian ini bisa bersumber dari kumpulan data perusahaan sedari awal berdiri dan atau dengan melakukan test and measure dalam skala kecil, yang ditembakkan berulang-ulang sampai tepat sasaran.
Bagaimana kita menginginkan hasil yang tepat jika kita tidak melakukan proses dengan benar. Dan bukankah proses yang benar itu kita dapat dari mencobanya berkali-kali, sampai menemukan model yang sesuai dengan apa yang kita inginkan.
Ketiga, sering berdiskusi dengan pebisnis lain atau siapapun (pelatih bisnis, mentor, konsultan) yang bisa memberikan advice, menunjukkan ‘titik buta’, serta memperkaya wawasan dan menunjukkan apa yang tidak kita ketahui sebelumnya. Dengan melihat banyak hal dari banyak perspektif, maka akan semakin mudah buat kita untuk menentukan siapa lawan kita, berpikir out of the box, dan punya banyak cara juga untuk membidik target pasar dengan tepat.
Meskipun kesaktian Arjuna sudah didapat dari lahir, kemampuannya dalam memanah bukan hanya didapat dari insting, namun juga terus berlatih dan mengasah diri di bawah arahan Drona, gurunya. Demikian juga dengan Yudisthira dan para saudara Arjuna yang lain, yang awalnya tidak bisa melihat sasaran secara fokus, dengan latihan terus-menerus akan melatih kepekaan mereka dalam melihat sasaran secara tepat.
So, mulailah berlatih FOKUS, belajar banyak hal, melihat sesuatu dari banyak perspektif dan jadilah Arjuna dalam bisnis Anda!
Salam the NEXT Level!

51 komentar:

  1. ini nie yang saya cari, filsuf jawa.
    matur nuhun gan
    (y)

    BalasHapus
  2. ada postingan yg lainnya kah gan tentang filsuf jawa selain ini arjuna dalam bisnis ?

    BalasHapus
  3. You should write about the model/version on the blog. You can expose it's perfect. Your blog examination should widen your readership.I am really grateful for your blog post. I find a lot of approaches after visiting your post. Great work..looking for affordable and trusted hosting?come and visit

    BalasHapus
  4. Excellent post, I agree with you 100%! I’m always scouring the Internet for new information and learning whatever I can, and in doing so I sometimes leave comments on blogs. I don’t do it for SEO purposes necessarily, but to learn new things.

    BalasHapus
  5. It was very interesting to see the museum through the viewpoints of the audience and their experiences. In the future, we would like to share and connect many different museums around the world!

    BalasHapus
  6. Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar apapun yang saya bisa, dan dengan berbuat demikian saya kadang-kadang meninggalkan komentar di blog. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  7. Saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  8. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  9. Tidak ada yang seperti ini. Bagus sekali

    BalasHapus
  10. Terimakasih dan infonya bermanfaat.

    BalasHapus
  11. "must say that overall I am really impressed with this blog. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning
    "

    BalasHapus
  12. This is a nice and informative, containing all information and also has a great impact on the new technology. Thanks for sharing it

    BalasHapus
  13. Thank you for another fantastic posting. Where else could anyone get that kind of information in such a perfect way of writing? I have a speech next week, and I was looking for more info ;)

    BalasHapus
  14. You should write about the model/version on the blog. You can expose it's perfect. Your blog examination should widen your readership.I am really grateful for your blog post. I find a lot of approaches after visiting your post. Great work..looking for affordable and trusted hosting?come and visit \

    BalasHapus
  15. This is a very good post. Just wonderful. Truly, I am amazed at what informative things you've told us today

    BalasHapus
  16. I’m completely enjoying as of it and that I have you ever bookmarked to ascertain out new stuff you'll post.. Can you also check

    BalasHapus
  17. I'm impressed, I must say. Very rarely do I come across a blog that's both informative and entertaining, and let me tell you, you've hit the nail on the head. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about.

    BalasHapus
  18. Saya selalu menjelajahi Internet untuk informasi baru dan belajar

    BalasHapus
  19. Saya sangat menghargai jenis topik yang diposting di sini.

    BalasHapus
  20. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  21. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  22. Blog Anda sangat penting bagi semua orang, teruslah berbagi.

    BalasHapus
  23. Teruslah berbagi ide sampai masa mendatang .pada dasarnya apa yang saya cari sudah saya disini

    BalasHapus
  24. Terima kasih atas postingan yang bermanfaat

    BalasHapus
  25. Postingan yang sangat bagus, saya setuju dengan Anda 100%!

    BalasHapus
  26. saya terkesan, saya harus mengatakan ini kepada anda.

    BalasHapus
  27. Sangat jarang saya menemukan sebuah blog yang informatif dan menghibur seperti ini.

    BalasHapus
  28. saya tidak melakukannya untuk tujuan SEO , tetapi untuk belajar hal-hal baru.

    BalasHapus
  29. Excellent post, I agree with you 100%! I’m always scouring the Internet for new information and learning whatever I can, and in doing so I sometimes leave comments on blogs.

    BalasHapus
  30. Your blog is important; the issue is something that not enough people are talking intelligently about.

    BalasHapus
  31. It is easy to see that you are passionate about your writing. If only I had your writing ability I look forward to more updates and will be returning.

    BalasHapus
  32. Hats off to you! The information that you have provided is very helpful.

    BalasHapus
  33. Thank you for another fantastic posting.

    BalasHapus
  34. The sites you have referred was good. Thanks for sharing...

    BalasHapus
  35. The you have is very useful.

    BalasHapus
  36. Thanks for sharing us a great information that is actually helpful. Good day!

    BalasHapus
  37. I really appreciate the kind of topics post here.

    BalasHapus
  38. Truly, I am amazed at what informative things you've told us today. Thanks a million for that.

    BalasHapus
  39. This is a very good post. Just wonderful.

    BalasHapus
  40. Thanks for taking the time to discuss this, I feel about it and love learning more on this topic.

    BalasHapus
  41. DEWAJUDIQQ situs judi online terbaik. menyediakan promo menarik mulai dari CASHBACK/TURNOVER dan Bonus REFRENSI/REFERRAL yang sangat menarik.
    Serta JACKPOT yang sangat besar.
    Menyediakan 6 permainan kartu di dalam 1 website dan 1 akun:
    Kunjungi website kami hanya di
    # www DEWAJUDIQQ COM #
    Bila anda mempunyai pertanyaan silahkan langsung menghubungi di
    Twitter : dewajudiqq99
    Facebook : dewajudiqq
    BBM : 2AF2314F
    WA : +85593827763

    BalasHapus

  42. Howdy! This Is My First Visit To Your Blog! We Are A Collection Of Volunteers And Starting A New Initiative In A Community In The Same Niche. Your Blog Provided Us Useful Information To Work On. You Have Done A Wonderful Job! nonton movie

    BalasHapus