Jumat, 21 Februari 2014

Business Mastery - RAHASIA AKTIVITAS PAGI ORANG-ORANG SUKSES


Untuk menjadi sukses dalam bisnis, ternyata bukan hanya skill yang perlu ditingkatkan. Seorang pemilik bisnis juga dituntut bisa mengatur waktu yang terbatas, agar tetap memaksimalkan produktivitas. Baik saat kerja maupun di luar jam itu, termasuk waktu pagi hari. Acara Business Mastery Forum yang diadakan oleh BARACoaching (ActionCOACH East Java & Bali), mengupas tentang apa saja yang biasa dilakukan oleh orang-orang yang telah sukses, di pagi hari. Bertempat di Office BARACoaching, event yang dihadiri oleh owner bisnis ini menghadirkan Suwito Sumargo, pembicara sekaligus pemilik GBT Laras Imbang.
“Tema acara ini terinspirasi dari buku Laura Vanderkam, “What the Most Successful People Do”. Meskipun ini bukan acara bedah buku, namun saya sengaja mengambil inti sari dan membagikan poin-poin penting buku Laura, yang memotret kesibukan luar biasa para pemilik bisnis. Diharapkan peserta nantinya bisa mengatur waktu agar lebih produktif dan mendapatkan hasil yang efektif, untuk kesuksesan mereka,” papar coach Suwito di tengah acara yang berlangsung, Jum’at (07/02) kemarin.
Dalam bukunya, penulis Laura Vanderkam menyebutkan sebagian besar aktivitas yang sering dilakukan oleh kebanyakan orang yang telah sukses tersebut. Semua didasarkan pada penelitian ilmiah, yang dipadukan cerita para CEO dan pelaku bisnis sukses, tentang apa saja yang mereka lakukan di pagi hari sebelum kerja.
Beberapa aktivitas itu diantaranya melakukan olahraga (exercise), meluangkan waktu dengan pasangan dan keluarga seperti sarapan bersama sampai menemani si kecil bermain. Ada juga yang memulai aktivitas pagi dengan network, chatting, cek email dan membaca berita. Hal ini dilakukan agar pada waktu siang, mereka bisa fokus ke pekerjaan mereka.
Lebih lanjut, Laura menyebutkan, sebanyak 10,65% orang sukses juga melakukan meditasi di pagi hari.
“Pada umumnya, kebanyakan orang melakukan meditasi pada malam hari, di saat suasana sepi. Namun saat pagi hari, meditasi juga bisa dilakukan. Bayangkan, kita akan mendapatkan suasana yang berbeda, udara yang lebih segar dengan kicauan burung yang tidak kita dapatkan di malam hari. Dan itu akan membuat kita lebih tenang dan rileks,” tutur coach Suwito.
Bagi mereka dengan kesibukan luar biasa, waktu pagi menjadi awal untuk mengatur apa saja yang menjadi prioritas bisnis di hari itu. Ada juga yang mengerjakan ‘proyek’ pribadi (a personal passion project), dalam artian apa yang menjadi impian pribadi, di luar pekerjaan mereka.
Lalu apa saja yang mesti dilakukan agar kegiatan pagi menjadi lebih produktif? Pertama, mengatur jadwal tentang apa saja yang akan kita lakukan untuk mengisi ‘pagi produktif’ kita. Membayangkan pagi yang sempurna (picture the perfect morning), supaya kita punya gairah atau semangat untuk bangun lebih awal.
“Yang paling susah adalah membangun kebiasaan atau build the habit. Kita perlu mengawali dengan tidur lebih awal sehingga kita juga akan bangun lebih pagi dari biasanya (waking up super early). Tumbuhkan kemauan untuk menambah output dan membuat pagi kita lebih produktif,” tegas coach Suwito di akhir acara.

0 komentar:

Poskan Komentar