Rabu, 22 Januari 2014

Discovery Day - BERIKAN SENJATA AMPUH DALAM PERANG HARGA



Untuk mensosialisasikan ActionCOACH kepada pemilik bisnis, khususnya di wilayah Surabaya dan sekitarnya, BARACoaching Surabaya (ActionCOACH East Java & Bali) mengadakan seminar Discovery Day bertajuk “Price War”, Senin (20/01) kemarin. 
Erfina Hakim, selaku pembicara dan Business Development Manager (BDM) bertutur, selama ini para pebisnis secara sadar atau tidak sadar mengikuti pola atau perilaku pelaku bisnis lain yang cenderung masuk dalam permainan harga.
“Bisa dikatakan harga jual produk ditentukan oleh pasar, dan pelaku bisnis belum percaya diri mensetting harga sendiri. Nah, dengan acara ini diharapkan para pelaku bisnis akan menyadari titik kekuatan, baik dalam diri perusahaan atau kompetitor mereka, untuk menghindari price war,” ujar Erfina.
Lebih jauh, wanita berdarah Palembang ini juga menyebutkan beberapa hal yang perlu dilakukan  agar seorang pelaku bisnis terhindar dari perang harga. Diantaranya, yang paling penting adalah menemukan pembeda (niche) antara produk dan jasa yang dihasilkan, dengan yang lain.
“Meskipun begitu, sebagian besar pelaku bisnis sekarang ini masih mengikatkan diri dengan rutinitas usahanya. Nah, bagaimana mereka mau keluar dan menemukan strategi, jika masih terlibat dengan hal-hal operasional yang harusnya bisa didelegasikan,” ujar wanita yang akrab dipanggil Fina ini.
Selain itu, tambah Fina, para pebisnis sering keliru menentukan niche atau pembeda dalam usaha mereka.
“Itu kenapa perlu sudut pandang orang luar untuk menilainya. Dan di sinilah letak pentingnya pebisnis mempunyai pelatih (coach),” tegasnya di akhir acara.
Banyak hal yang dipelajari para peserta dalam seminar ini. Selain bagaimana cara terlepas dari jebakan perang harga (price war), dijelaskan tentang konsep fundamental bisnis yang diusung oleh ActionCOACH Internasional. Konsep ini sudah diterapkan oleh ribuan pemilik bisnis di seluruh dunia, dan berhasil mencapai titik sukses.

0 komentar:

Posting Komentar