Kamis, 27 Juni 2013

Kerjasama dengan Bogasari: 7 DARI 10 SIFAT PRODUK TERLARIS DI DUNIA, ADA DI BISNIS KULINER

Humphrey Rusli (COO SEA-Corp.) memberikan sambutan dan materi bisnis kepada mitra Bogasari
Dalam hubungannya dengan instansi bisnis lain, ActionCOACH Surabaya (SEA Corp.) menjalin kerjasama dengan PT. Indofood Sukses Makmur Tbk. Bogasari Flour Mills, di sebuah acara bertajuk “Bogasari Expo 2013”. Acara yang dihadiri para mitra usaha Bogasari ini, bertempat di Malang Olympic Garden (MOG), pada Kamis, 6 Juni 2013.  
Humphrey Rusli, selaku COO SEA Corp., dalam sambutannya, memaparkan tentang 10 sifat produk terlaris di dunia. Dan 7 diantaranya dimiliki oleh pebisnis makanan dan minuman, seperti pengusaha kuliner, roti/pastry.
“Bisnis makanan dan minuman memiliki sedikitnya 7 dari 10 sifat produk terlaris di dunia. Itu artinya, bisnis ini sangat tinggi tingkat kemungkinan untuk sukses, dibandingkan bisnis-bisnis yang lain. Selain, makanan juga merupakan kebutuhan pokok manusia, selama dia hidup,” ujar business coach yang banyak meraih penghargaan internasional ini.
Tujuh sifat produk tersebut diantaranya, menimbulkan hasrat atau daya tarik (sex). Sifat ini terutama berhubungan dengan penampilan, rasa, sampai bau. Berikutnya adalah membuat konsumennya merasa bergengsi (powerfull). Hal ini bisa terkait dengan harga, penampilan, sampai showroomnya. Dimana ketika seorang konsumen membeli produk Anda, maka yang ada dia merasa menjadi bagian dari kalangan atas.
Ketiga, sifat berkelimpahan atau kaya pilihan. Sebagaimana kita tahu, saat ini ada beragam jenis produk makanan dan minuman. Seorang pebisnis di bidang usaha ini, haruslah kreatif dan inovatif, agar produknya bervariasi dan tidak monoton beberapa jenis saja. Sehingga konsumen merasa kaya pilihan akan produk anda.
Keempat, sifat yang berhubungan dengan perasaan senang atau kenikmatan. Tentu saja sifat ini berhubungan dengan rasa (taste) pada produk Anda. Semakin lezat dan bervariasi rasa pada produk Anda, semakin tinggi konsumen yang berminat pada produk Anda.
Selanjutnya, sifat yang berhubungan dengan rasa aman, kesehatan, dan kasih sayang. Sifat ini bisa Anda jelaskan melalui cerita, testimonial, dan communal approval tentang jaminan dan proses pembuatannya.
“Sayangnya, selama ini para owner bisnis makanan hanya menjual komoditas saja, tanpa mengeksplor sifat-sifat di atas. Yang terpenting adalah skill untuk membuat bisnis Anda berbeda, sehingga mudah dikenal, bahkan tidak mudah dilupakan konsumen. Misalnya, Anda bisa menyisipkan cerita (story) di balik pembuatan produk, yang menekankan beberapa poin dari sifat-sifat di atas,”papar Humphrey.

Ariawan Budiprabawa, selaku Vice President of Sales Area 3 Bogasari Flour
Ucapan Terima Kasih
Ariawan Budiprabawa selaku Vice President of Sales Area 3 Bogasari Flour bertutur, Bogasari Expo 2013 diadakan dalam rangka promosi, edukasi, dan rekreasi untuk keluarga besar Malang. Lebih lanjut, dia juga berterima kasih kepada pihak ActionCOACH yang sudah memberi inspirasi kepada mitra usaha Bogasari.
“Kami berterima kasih kepada ActionCOACH, yang sudah memberikan inspirasi dan motivasi kepada pengusaha kuliner, khususnya untuk mitra usaha Bogasari Flour,” kata pria yang akrab dipanggil Ivo ini.
Di acara itu, selain memberi pengetahuan bisnis, ActionCOACH juga membagikan undangan seminar bertema “Business in Extreme Seasons” secara free kepada mitra usaha Bogasari.


0 komentar:

Posting Komentar