Jumat, 28 Juni 2013

Book Club - ANALOGI PESAWAT: 7 PONDASI MEMBANGUN BISNIS SUKSES

  
Suwito Sumargo, selaku pembicara dalam bedah buku Tjahjadi Lukiman: "Right Process Will Bring Great Result" menjelaskan tentang 7 langkah 'Right Process' yang dianalogikan sebagai sebuah pesawat
Menjalankan perusahaan haruslah dengan kinerja yang baik untuk mencapai titik kesuksesan. Semua itu dimulai dari proses yang benar, dengan didukung SDM yang tepat dalam lingkungan kerja yang kondusif dan konsisten.
     Itulah inti pesan dalam buku karya Tjahjadi Lukiman “Right Process Will Bring Great Result”, yang didiskusikan dalam acara Book Club, Jumat (17/05/13), di Master Office ActionCOACH Surabaya (Ballroom Las Vegas).
     Suwito Sumargo, selaku pembicara bertutur, sangat menarik membaca buku seorang Tjahjadi. Selain penjelasannya yang sederhana, cara penyampaiannya juga disampaikan dengan model percakapan. Sehingga, seolah-olah tidak membaca buku, tapi mendengarkan sebuah cerita.
   “Pak Tjahjadi itu seorang yang sangat memegang teguh urutan proses. Saya seperti sudah kenal betul dengan beliau, karena tipikalnya hampir sama dengan saya, sehingga mempresentasikan buku ini menjadi lebih mudah,” papar business coach yang juga pemilik perusahaan GBT Laras-Imbang ini.
     Lebih lanjut, pria yang akrab dipanggil ‘coach Suwito’ ini menyederhanakan inti dari sebuah ‘right process’, yang terletak pada beberapa hal. Diantaranya, pola pikir (mindset) dan kemauan keras untuk berubah. Melakukannya juga secara tegas, disiplin yang tinggi, dan sedikit paranoid dalam pelaksanaannya.
     Selanjutnya, inti paling penting yaitu melakukan 7 langkah menjalankan sebuah perusahaan yang dianalogikan seperti pesawat terbang, dimana CEO (Chief Executive Officer) sebagai pilot yang menjalankan kemudi perusahaan. Langkah pertama adalah ‘Get The Right People’, memilih penumpang yang tepat untuk ‘pesawat’ (perusahaan) Anda. 
Memilih karyawan atau SDM bagi perusahaan sama halnya dengan memilih ‘jodoh’.   Orang yang tepat adalah yang selaras dengan CEO dalam hal hati dan pola pikir, termasuk integritas, semangat, dan skill, yang merupakan prasayarat utama dalam menentukan orang yang tepat.
     Kedua, ‘Do The Right Things’. Menetapkan tujuan bersama atau kemana ‘pesawat’ akan diterbangkan. Selain mencari model bisnis, langkah kedua ini bisa dicapai dengan meng’clear’kan visi dan misi secara konsisten, agar tim merasakan dan hidup dengan visi misi tersebut. Selain itu, menempatkan orang tepat di posisi yang tepat (right people in the right place) dan memberikan mereka job responsibility.
     Ketiga, ‘Do The Things Right’. Menetapkan aturan dan rambu-rambu, dalam artian Peraturan Perusahaan (PP) dan SOP, agar penumpang (karyawan)  bekerja dengan aman, nyaman, dan ada kepastian. Beberapa steps dalam poin ini seperti membuat aturan main, sistem penghargaan, membeentuk pusat latihan, membentuk budaya perusahaan, dan memanfaatkan jasa penasehat ahli dan IT.
     Poin berikutnya, ‘Do At Right Time and Do It Right Now’. Intinya, pemeliharaan dan perbaikan pada waktu yang tepat, dan tidak ditunda. Prioritaskan masalah yang bersifat penting dan segera (urgent and important) untuk ditangani, dengan tetap berpikir dulu sebelum bertindak.
     Keenam, ‘Right Growth’.  Teruslah berproses, dan jangan hanya berpaku pada What Business Are We In (WBAWI). Lakukan terobosan, dan jangan takut untuk melakukan sesuatu yang keluar dari paradigma lama (out of the box).
     Terakhir, ‘Yes We Are Right’. Untuk memastikan langkah yang sudah kita ambil tepat dan membuat semua pihak merasa puas, kita bisa mengkonfirmasikannya ke berbagai pihak, seperti para konsumen, karyawan perusahaan sendiri, supplier, pemegang saham, masyarakat sekitar, bahkan pemerintah setempat. Hal ini mesti dilakukan, mengingat perubahan bisnis yang cepat dewasa ini, sehingga diperlukan perbaikan terus-menerus berdasarkan masukan-masukan mereka.


0 komentar:

Poskan Komentar